RAKYAT NEWS, JAKARTA – Kebakaran terjadi di gudang milik Lazada dan Si Cepat di Pesing Poglar, Kedaung Kali Angke, Cengkareng, Jakarta Barat. Kejadian tersebut diduga akibat adanya korsleting listrik dari salah satu gudang hingga menyebar ke gudang yang lainnya, Kamis (21/3/2024) malam.

Kasi Ops Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat Syarifudin menduga penyebab kebakaran terjadi dari percikan api yang mengenai valet sehingga muncul kobaran api yang melalap gudang.

“Diduga penyebab terjadinya kebakaran karena percikan api dari kabel lalu percikan tersebut mengenai valet yang ada di bawah kabel sehingga mengakibatkan terjadinya kebakaran,” ujarnya, dikutip dari Republika.co.id.

Ia mengaku pihaknya mengalami kesulitan selama pemadaman gudang tersebut. Adapun kesulitan yang dialami, sumber akses yang jauh, benda yang mudah terbakar, dan lokasi yang luas. Sehingga seng harus dibongkar untuk membantu memadamkan api.

“Nggak ada, itu saja katena material barangnya banyak dan bertumpuk serta tertutup puing-puing seng itu kendala-nya harus dibongkar dan diurai,” jelas Syarifudin.

Dia belum bisa memastikan jumlah kerugian yang dialami akibat dari kebakaran tersebut, karena pihaknya belum bertemu dengan pemilik gudang.

“Saya belum ketemu pemilik nya mungkin nanti pemiliknya kita konfirmasi,” tutur Syarifudin.

Sebelumnya, sebuah gudang milik Lazada di Jalan Pesing Poglar, Jakarta Barat ludes terbakar, Kamis (21/3/2024) malam. Dalam rekaman video yang beredar di media sosial tampak tampak lidah api menjalar diiringi asap pekat hitam membumbung tinggi. Kebakaran terjadi sekitar pukul 22.00 WIB. Kemudian upaya pemadaman telah mulai sejak pukul 22.06 WIB dan sekitar pukul 23.20 dimulai proses pendinginan.

“Ditangani oleh 17 Unit Damkar, 1 Unit TRC BPBD, 1 Unit PMI, 1 Unit AGD Dinkes, 1 Unit Dishub, 1 Unit Satpol PP, 1 Unit PLN, Personil PSKB/Tagana Dinsos, Personil Polsek dan Personil Koramil,” jelas Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi.