RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengusulkan gugatan Ke Mahkamah Konstitusi (MK) atas batas usia seorang pemimpin, Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie memperkiraan, gugatan tersebut ditujukan terhadap Gibran yang akan diajukan sebagai cawapres Prabowo.

“Pada intinya Jokowi mendukung untuk melanggenhkan trah keluaganya dan politik dinastinya, ” kata Jerry Massie kepada Rakyat News, pada Minggu (20/8/2023).

Salah satu Pengamat Politik Top di Indonesia itu, memperkirakan juga akan ada perang urat syaraf di antara Partai berlogo berbentuk banteng hitam bermata merah dan bermoncong putih yang akan menolak usulan tersebut dan Gerindra.

“Saya pikir kedua parpol ini akan menjadi seteru yang kuat di 2024 nanti,” ungkapnya.

Apalagi, Jerry Massy menilai Prabowo sudah di serang Puan dan Hasto soal kejahatan lingkungan Food Estate, yang otomatis mengarah ke Prabowo salah satu master mind dalam proyek gagal itu.

“Jadi saya pikir Gibran akan di dukung Golkar dan tentunya koalisi KIR yang digawangi Gerindra. Saya pikir bisa saja hasil akhir 5-4 keputusannya ataupun 6-3 di sidang gugatan,” ujarnya.

Untuk selanjutnya, Jerry Massie menyebut faktor kuncinya ada di Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) yang merupakan suami dari adik Jokowi dan bisa dibilang paman Gibran.

Sebetulnya, kata dia, hal itu ke arah politisasi konstitusional.Bisa saja meratifikasi Undang-undang, judicial review atau amamdemen Undang-undang tapi harus punya argumen dan dasar yang kuat.

Sebagai Contoh, saat Presiden dari Partai Demokrat Franklin Delano Roosevelt saat meratifikasi amansemen ke-22 pads konstitusi Amerika tahun 1937 dimana amsa jabatan presiden harus 2 periode berturut-turut. 

Dan sampai sekarang berlaku dimana George Bush 2 periode dan juga Ronald Reagen dari Partai Republik dan Barrack Obama dari partai Demokrat menjabat presiden selama 2 periode.

“Sebetulnya kalau kita merubah-rubah konstitusi maka ke depan akan ada yang menggugat 45 tahun atau 50 tahun dan sebagainya.Sebetulnya usia saat ini sudah tepat,” tutup Jerry Massie.