RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur (Jaktim) melalui Suku Badan Kepegawaian menggelar kegiatan pembekalan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), yang akan memasuki Batas Usia Pensiun (BUP) Tahun 2025/2026 di Ruang Serbaguna Blok C, Kantor Walikota Jakarta Timur, Rabu, 23 Agustus 2023.

 

Total ada 660 ASN yang mengikuti pembekalan dan dibagi ke dalam dua sesi.

 

Pembekalan awal yang diikuti 330 ASN di lingkungan Kota Administrasi Jakarta Timur dibuka langsung Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar.

 

Hadir pula selaku narasumber Kepala Bidang Pengangkatan dan Pensiun Kantor Regional V BKN RI, Betti Riana Sihaloho; Branch Manager PT. Taspen Kantor Cabang Utama Jakarta, Indra Pratama Pasaribu; dan CLC Banking MSME Expert Advisor Bank DKI, Agus Rachmadi.

 

“Diharapkan bagi ASN yang akan memasuki usia pensiun dapat mengembangkan citra positif pemerintah dalam kehidupan bermasyarakat. Pembekalan ini penting agar diikuti dengan baik dan cermat. Sebab, mengingat tidak sedikit rekan-rekan kita yang lebih dulu memasuki usia pensiun tidak siap dalam menghadapi perubahan keadaan pasca pensiun, sehingga mengalami gangguan kesehatan jasmani maupun rohani,” kata Walikota.

 

Menurutnya, pensiun bukan akhir dari kehidupan, justru awal dari kehidupan dalam memajukan lingkungan. Oleh karena itu, dirinya berpesan agar pembekalan ini dapat dijadikan semangat dalam bekal usai purnatugas.

 

“ASN calon purnatugas harus tetap enjoy, jangan adanya beban pikiran, seperti kurangnya rasa percaya diri dan perasaan tidak lagi produktif. Optimisme, dan memiliki kesadaran bahwa kemampuan serta keterampilan dan sikap positif yang dimiliki tentunya akan bermanfaat bagi kehidupan masyarakat,” ungkapnya.

 

Walikota berpesan agar ASN purnatugas Kota Jakarta Timur dapat bermanfaat bagi orang lain. Dalam kesempatan itu, ia mengapresiasi atas dedikasi ASN yang selama ini sudah berperan aktif menjalani tugas dan fungsi dalam melayani masyarakat.