RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan berupaya memenuhi formasi kebutuhan guru di seluruh Indonesia melalui penyelenggaraan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan, dimana program ini bertujuan untuk menciptakan generasi guru baru yang profesional yang menerapkan pembelajaran berpusat kepada  anak-anak Indonesia.

“Calon guru yang sudah mengikuti Pendidikan Profesi Guru Prajabatan (PPG Prajabatan) selama 1 tahun akan mendapatkan sertifikat Pendidik (Serdik). Lulusan tersebut telah dibekali kompetensi guru yang mendukung pembelajaran sesuai tahap perkembangan murid. Hal ini sudah dipersiapkan secara matang untuk menjadikan guru yang profesional yang siap mengajar,” ucap Ferry Maulana Putra selaku Koordinator Pokja PPG Prajabatan kepada Rakyat News pada Jumat, 29 September 2023.

Ferry menambahkan bahwa PPG Prajabatan diharapkan untuk menciptakan ekosistem pendidikan guru yang seimbang antara supply dan demand, memenuhi kebutuhan guru tidak hanya dari segi kuantitas namun juga dari sisi kualitasnya.

“Jika ada guru pensiun di suatu daerah, nanti idealnya akan tergantikan oleh lulusan PPG Prajabatan dari daerah itu sendiri,” ujar Ferry.

Sementara itu, Apriyagung selaku Koordinator Pokja Kemitraan dan Komunikasi Publik bahwa Kemendikbudristek berupaya lulusan PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2022 dapat terintegrasi dengan pendaftaran seleksi ASN P3K Tahun 2023.

Apriyagung menambahkan bahwa pemetaan lulusan PPG Prajabatan diharapkan dapat memanfaatkan ketersediaan

“formasi yang dimunculkan oleh pemda sesuai dengan bidang studinya dan melihat ketersediaan lulusan PPG Prajabatan. Pemetaan ini tentunya dilakukan dengan memprioritaskan domisili lulusan,” pungkas dia.

Selain itu, Dalam pemenuhan guru kemendikbud berkolaborasi dengan LPTK dan juga berkoordinasi dengan pemda serta Kemenpan RB.

“Tentunya Kemendikbudristek dalam mewujudkan pemenuhan guru tersebut telah melakukan kolaborasi dengan LPTK dan berkoordinasi dengan Pemda serta Kemenpan RB ,” tutur, Apriyagung.