RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Bandara Douw Aturure di Nabire Papua Tengah dan Bandara Siboru di Fakfak Papua Barat diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Kamis (23/11).

Bandara Siboru dibangun mulai 2020 sampai dengan 2023. Sedangkan Bandara Douw Aturure Baru dibangun mulai 2020 hingga 2022.

“Kami sudah membangun bandara yang cantik dan keren di Papua. Inshaallah sudah siap diresmikan oleh Bapak Presiden Jokowi besok (Kamis, 23/11),” ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dilansir dari CNNIndonesia.com.

Ia mengatakan dua bandara yang masuk Strategis Nasional (PSN) itu merupakan hasil kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah untuk saling melengkapi.

Dalam kolaborasi itu, kata Budi, pemerintah daerah menyediakan lahannya kepada pemerintah pusat. Kemudian, pemerintah pusat yang melakukan pembangunan baik terminal, runway, dan fasilitas lainnya.

Budi berharap kehadiran dua bandara ini dapat semakin melancarkan mobilitas masyarakat dari dan ke Papua, baik ke Nabire maupun Fakfak.

“Kami mohon dukungan pemerintah daerah untuk melakukan upaya-upaya untuk memasarkan bandara ini agar penumpang dan penerbangannya semakin ramai,” ucapnya.