RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengundang akademisi hingga tim sukses (timses) dari tiga pasangan calon (paslon) Pilpres 2024 untuk berdiskusi mematangkan konsep debat capres-cawapres, Rabu sore (29/11).

“Debat capres cawapres, KPU sebenarnya sudah menyiapkan konsepnya tinggal kan memang ini dimatangkan,” kata anggota KPU, August Mellaz di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (28/11), dikutip dari CNNIndonesia.com.

Mellaz mengungkapkan diskusi itu akan membahas terkait tema debat. Kemudian, format debat. Dia mengatakan tak menutup kemungkinan KPU juga akan meminta pandangan jurnalis.

“Bagaimana kemudian membuat format debat capres cawapres di pemilu 2024 yg kemudian melibatkan teman teman jurnalis sebagian besar teman teman senior lah yang mungkin dibuka juga opsi tentang apa yang perlu didalami,” ujarnya.

Mellaz menyatakan KPU juga akan mengundang timses atau tim kampanye dari tiga paslon untuk memberikan informasi terkait debat capres-cawapres pada Rabu (29/11) ini.

“Pukul 15.00 WIB nya kita akan undang tim kampanye paslon untuk kemudian kami mengadakan pertemuan untuk meng-update beberapa perkembangan,” ujarnya.

Terkait waktu debat capres-cawapres, Mellaz mengaku belum bisa membeberkan. Dia berkata, jadwal debat akan diinformasikan menyusul setelah diskusi dengan sejumlah pihak.

“Kalau dari sisi waktu debat capres cawapres secara definitif kami akan sampaikan pasca-FGD (Focus Group Discussion) itu,” tuturnya.

Sebelumnya, Mellaz mengungkapkan debat capres-cawapres akan dimulai pada bulan Desember 2023 mendatang. Mellaz tidak menyebut secara spesifik tanggal gelaran agenda tersebut. Dia hanya mengatakan debat akan dimulai pertengahan Desember.

“Saya kira pertengahan Desember,” kata Mellaz di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (22/11).

Mellaz menuturkan debat akan digelar sebanyak dua kali pada akhir tahun ini. Kemudian, tahun depan akan digelar tiga kali.