RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Sejumlah pejabat kementerian/lembaga menghadiri rapat tertutup yang digelar oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD membahas penanganan pengungsi Rohingya di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Rabu (6/12/2023).

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dan Kepala Badan Keamanan Laut, Laksamana Madya Irvansyah hadir dalam agenda tersebut.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Mahfud MD untuk mengatasi gelombang imigran pengungsi Rohingya yang mendarat di sejumlah pantai Provinsi Aceh sejak pertengahan November 2023.

Selain itu, Jokowi juga sudah menginstruksikan agar masalah tersebut dirembuk dengan pemerintah daerah setempat serta Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi (United Nations High Commissioner for Refugees/UNHCR).

Pada Selasa (5/12/2023), Mahfud mengatakan pengungsi Rohingya di Indonesia saat ini mencapai 1.478 orang. Ia menyampaikan pemerintah masih mencari jalan keluar untuk mengatasi masalah pengungsi Rohingya itu.

“Kami sedang mencari jalan keluar tentang ini. Satu mengenai kebutuhan domestik kita Indonesia di mana pun. Kedua juga mengenai kemanusiaan,” kata Mahfud, dikutip dari CNNIndonesia.com.