RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Pangeran Arab Saudi, Talal bin Abdulaziz bin Bandar bin Abdulaziz Al Saud meninggal dunia pada usia 62 tahun. Kematiannya diumumkan kerajaan Saudi, pada Kamis (7/12/2023) waktu setempat.

Dalam keterangan singkat dilansir kantor berita resmi Saudi, SPA, pihak kerajaan Saudi menyebutkan salat jenazah akan digelar pada Jumat (8/12/2023), di Masjid Imam Turki bin Abdullah di Riyadh. Penyebab kematian pangeran Saudi belum disebutkan secara spesifik. 

Namun, seperti diberitakan Russia Today, Jumat (8/12/2023), pemberitaan media Arab menyebutkan sang pangeran tewas dalam kecelakaan jet tempur. Pangeran Talal bin Abdulaziz adalah putra Pangeran Bandar dan cucu raja Saudi pertama, Raja Abdulaziz. Lahir pada tahun 1961, ia adalah seorang letnan kolonel di Angkatan Udara Kerajaan Saudi dan menjabat sebagai asisten kepala intelijen di GIP, badan intelijen Saudi, dari tahun 2004 hingga 2012.

Meskipun pernyataan kerajaan Saudi tidak mengungkapkan penyebab kematiannya, outlet berita Lebanon, Al Mashhad melaporkan bahwa pangeran tersebut meninggal ketika jet tempur F-15 yang dinaikinya jatuh saat latihan dengan angkatan udara pada Kamis (7/12/2023) pagi waktu setempat.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Arab Saudi melaporkan salah satu jet tempur F-15 milik militernya terjatuh saat menjalankan misi latihan pada Kamis (7/12/2023) waktu setempat. Semua awak militer yang ada di dalam jet tempur itu dikonfirmasi tewas. Ini merupakan kecelakaan kedua dalam sebulan yang melibatkan jet tempur F-15 Saudi.