RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Pengamat Poltik, Jerry Massie pastikan Joe Biden akan tumbang pada Presidential Election (pemilihan presiden) Amerika Serikat jika berhadapan dengan Donald Trump.

“Saya pastikan Biden akan keok jika terjadi pilpres ulangan 2020 dengan lawan utamanya mantan Presiden ke-45 Donald Trump,” ujar Jerry dalam keterangan tertulis, Kamis (7/3/2024).

Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) ini mengungkapkan bahwa dalam pemilihan pendahuluan (Super Tuesday) Donald Trump unggul telak atas sainganya dari partai Republik mantan Duta Besar AS untuk PBB, Nikki Haley.

Sebelumnya, kata Jerry, Trump menang Kaukus mulai dari Iowa, New Hamphire, Nevada dan Missouri. Bahkan dari 16 negara bagian dan 1 negara bagian interim yakni Alaska Trump menang telak atas Haley. Hanya Washington DC saja kekalahan Trump atas Haley.

“Mayoritas pemilih AS meragukan kemampuan motoris, fisik dan otak Biden yang berusia 81 tahun untuk mengalahkan Donald Trump. Bahkan, dalam survei terbaru pun, Biden kalah 4 poin dari Trump,” ungkap dia.

Jadi, menurutnya agak sulit bagi calon terdepan partai Demokrat ini untuk menang atas Trump. Bukan hanya itu, di 7 negara bagian pertarungan utama “battleground state” seperti Arizona, North Carolina, Pennyslavania, Nevada, Michigan, Wisconsin dan Georgia, Trump hanya kalah selisih tipis 0,8 poin di Pennyslavania.

“Sedangkan 6 negara bagian kunci utama dikuasai Trump,” kata Jerry.

Sedangkan Biden sendiri, kata Jerry, menang telak di Super Tuesday. Dia hanya kalah dari Palmer di Kepulauan Samoa.

Perlu dicatat, dalam sejarah ada 9 presiden yang hanya sekali menjabat sebagai “SCOTUS” diantaranya, Jimmy Carter, Gerald Ford, George Bush, Herbert Hoover, William Howard Taft, Benyamin Harrison, Martin Van Buren, Jhon Adams dan Jhon Quincy Adams.