RAKYAT.NEWS, DELAWARE – Sebuah mobil tiba-tiba menabrak kendaraan Secret Service yang mengiringi iring-iringan mobil yang membawa Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, di negara bagian Delaware pada Minggu (18/12/2023) malam.

Insiden keamanan tersebut mengejutkan Biden saat ia meninggalkan markas besar tim kampanyenya. Seperti diberitakan AFP, Senin (18/12/2023), terdengar suara benturan keras saat sebuah mobil sedan bertabrakan dengan SUV milik kendaraan pengawal keamanan kepresidenan, yang sedang memblokir ruas jalan di perempatan yang berjarak hanya 40 meter dari Biden.

Personel keamanan presiden kemudian bergegas mengevakuasi Biden ke kendaraan yang sudah menunggu dan membawanya pergi dari gedung di pusat kota Wilmington, Delaware.

“Baik Presiden maupun Ibu Negara dalam keadaan baik-baik saja,” tutur seorang pejabat Gedung Putih.

“Hari ini, sekitar pukul 20.09 waktu setempat, sebuah kendaraan Secret Service yang mengamankan rute iring-iringan mobil kepresidenan ditabrak oleh sebuah kendaraan lainnya di Wilmington,” ucap juru bicara Secret Service, Agen Khusus Steve Kopek.

“Tidak ada kepentingan protektif terkait peristiwa ini dan iring-iringan mobil Presiden berangkat tanpa insiden,” imbuhnya.

Para wartawan sedang berkumpul di trotoar di luar markas besar tim kampanye Biden — di mana Biden dan istrinya, Jill, baru saja menghadiri acara makan malam bersama staf — dan baru saja selesai meneriakkan pertanyaan kepada Biden ketika tiba-tiba insiden itu terjadi.

Raut wajah Biden sempat terlihat terkejut saat menyadari insiden itu terjadi. Para agen Secret Service langsung beraksi, menyudutkan mobil warna perak berpelat nomor Delaware itu, dan menodongkan senjata api ke arah pengemudinya, yang langsung mengangkat kedua tangannya.

Wartawan yang ada di lokasi juga segera dikumpulkan oleh para staf dan diminta segera bergabung dengan iring-iringan mobil kepresidenan yang mulai bergerak meninggalkan lokasi yang basah kuyup akibat diguyur hujan.