RAKYAT.NEWS, JOMBANG – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar menyebut musala merupakan tempat ibadah untuk membangkitkan kekuatan rohani dan iman. Selain juga bisa dipakai musyawarah untuk kemaslahatan umat.

Halim mengemukakan hal tersebut saat meresmikan Musala Al-Munir di Dusun Sembung Desa Bangsri, Jombang, Jawa Timur pada Sabtu malam (9/12/2023).

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti yang dirangkai dengan kegiatan sholawat yang diikuti oleh seluruh masyarakat dusun.

Halim menyampaikan bahwa musala bukan hanya tempat beribadah dan berkumpul. Akan tetapi juga memiliki peran untuk membangkitkan kekuatan rohani dan iman.

“Oleh karena itu, rumah ibadah ini harus dirawat dan digunakan sebaik-baiknya serta kita jaga kemakmurannya,” kata Halim.

Selain itu, kata Halim, perlu adanya perluasan fungsi tempat ibadah misalnya untuk musyawarah, sarana kegiatan kemasyarakatan dan membahas hal-hal yang baik atau membangun yang bagus-bagus.

“Jadi tidak hanya berpikir untuk jemaah. Musala memang untuk sholat dan ngaji. Tetapi, perlu perluasan fungsi. Misalnya sebagai tempat musyawarah untuk kemaslahatan umat bersama dalam membangun masyarakat,” kata dia.

Halim berharap musala yang sudah diresmikan tersebut dapat turut menyebarkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan serta persaudaraan dan kerukunan umat.