RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Mantan Menko Kemaritiman, Rizal Ramli telah meninggal dunia. Ia menghembuskan nafas terakhirnya, di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, pada Selasa (2/1/2024).

Sebelum meninggal, Rizal sempat dirawat, di RSCM selama hampir dua bulan. Rizal Ramli, eks Menko Kemaritiman, meninggal dunia pada Selasa (2/1/2024) pukul 19.30 WIB, di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Kabar meninggalnya Rizal Ramli diketahui melalui pesan singkat dari keluarganya.

“Telah berpulang, bapak/kakek/mertua kami, Rizal Ramli pada tanggal 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Kami segenap keluarga memohon maaf jika ada kesalahan beliau selama hidupnya,” tulis pesan singkat.

Berikut ini profil Rizal Ramli.

Dr. Ir. Rizal Ramli, M.A

– Tempat, tanggal lahir: Padang, Sumatera Barat, 10 Desember 1954

– Riwayat Pendidikan:

S-1 Jurusan Teknik Fisika, Institut Teknologi Bandung

Doktor Ekonomi Boston University

– Riwayat Pekerjaan:

Menteri Keuangan Indonesia pada Kabinet Persatuan Nasional (Juni-Juli 2001)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI (Agustus 2000-Juni 2001)

Menko Kemaritiman RI (Agustus 2015-Juli 2016)

Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog)

Rizal Ramli adalah mantan tokoh pergerakan mahasiswa, ahli ekonomi dan politisi Indonesia. Di kancah internasional, Rizal pernah menjadi anggota tim panel penasehat ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bersama beberapa ekonom dari berbagai negara.

Rizal pernah menolak jabatan internasional sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Economic & Social Commission of Asia and Pacific (ESCAP) yang ditawarkan PBB pada November 2013 karena ingin fokus mengabdi pada negara dan bangsa Indonesia.

(rn/dtk)