CILACAP, RAKYAT NEWS – Sebanyak 60 Kiai di Cilacap ramai-ramai Mendukung Haji Taj Yasin Maimoen untuk maju sebagai anggota DPD RI pada Rabu, 03 Januari 2024.

Dukungan puluhan Kiai kepada Mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah tersebut diungkapkan pada Acara yang bertajuk “Halaqah Kyai Cilacap Wetan Serayu”.

Adapun Kegiatan ini bertempat di Aula Bengawan Al-Kautsar, Kedawung, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Dalam Acara ini sebanyak 60 Kiai itu berasal dari Kecamatan Maos, Sampang, Adipala, Kroya, Binangun, dan Nusawungu.

Ketua Panitia Halaqah, Kiai Abdal Malik dalam acara ini menyampaikan, bahwa santri harus berperan aktif dalam proses politik lokal dan nasional sebagai bentuk ikhtiar mewujudkan kemaslahatan.

Beliau menjelaskan, seribu fatwa ulama terkalahkan oleh satu tanda tangan pejabat publik. Sementara itu Gus Yasin adalah representasi santri, yang sudah terbukti kiprahnya saat menjabat menjadi wagub Jateng.

“Saat ini kita dorong untuk berhasil masuk menjadi bagian dari pengambil keputusan tingkat nasional yaitu DPD RI. Kyai Cilacap Wetan Serayu merasa penting untuk mengantarkan beliau menjadi anggota DPD RI.” Tegas Kiai Abdal Malik kepada awak media Rakyat.news.

Adapun kegiatan ini termasuk bagian dari Roadshow K.H. Taj Yasin Maimoen di Cilacap hari ini: Pesantren Miftahul Huda Kroya, Pesantren Al-Ihya Ulumaddin Kesugihan, Pesantren As-Sa’idiyah Kedungreja, dan Pesantren El-Bayan Majenang.

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Huda Kroya KH Su’ada Adzkiya, turut sepakat dengan penyataan Kiai Abdal Malik.

KH Su’ada Adzkiya menerangkan bahwa dalam memilih pemimpin, kita harus mengutamakan mereka yang lebih memiliki karakter Nabi. “Dalam memilih pemimpin, kita harus mengutamakan mereka yang lebih memiliki karakter Nabi. Yaitu Shidiq, Amanah, Tabligh, Fathanah. Kita jangan memilih calon pemimpin yang diketahui banyak berbohong.” Ucap KH Su’ada.