RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan mengusung slogan (tagline) Angkutan Lebaran Tahun 2024 yakni ‘Mudik Ceria, Penuh Makna’.

Slogan tersebut merupakan aspirasi dari pemerintah menciptakan angkutan lebaran yang selamat, aman, dan nyaman sehingga terwujud mudik yang ceria dan penuh cerita bermakna.

“Sesuai dengan slogan angkutan lebaran yang kami luncurkan tahun ini, yakni ‘Mudik Ceria, Penuh Makna’, dengan infrastruktur yang sudah terbangun serta adanya kerjasama antar Kementerian/Lembaga, maka diharapkan akan terbangun mudik yang selamat, aman, dan nyaman sehingga tercapai pula mudik yang ceria dan penuh makna,” ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam keterangannya, Minggu (17/3/2024).

Menhub mengatakan akan terus mengintensifkan koordinasi dengan seluruh stakeholder jelang Angkutan Lebaran 2024.

Koordinasi yang intensif ini dilakukan untuk mengantisipasi perkiraan lonjakan pergerakan masyarakat selama masa libur lebaran yang berpotensi mencapai 193,6 juta orang.

Menhub menekankan bahwa prioritas utama dalam angkutan Lebaran adalah isu keselamatan.

Untuk itu, Budi Karya menekankan pentingnya pemeriksaan atau inspeksi keselamatan kendaraan (ramp check) terhadap kendaraan yang akan beroperasi selama angkutan lebaran.

Selain dari Kemenhub, pihak Kepolisian juga akan menggelar ramp check di jalur darat.

Selain meluncurkan slogan mudik 2024, dipaparkan pula Rencana Operasi (Renops) Angkutan Lebaran 2024 baik di subsektor Perhubungan Darat, Perhubungan Laut, Perhubungan Udara maupun Perkeretaapian.

Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal menyampaikan dalam Renops Angkutan Kereta Api yaitu kesiapan penyelenggaraan angkutan lebaran sektor perkeretaapian, potensi pergerakan penumpang kereta api dan program angkutan motor gratis.