RAKYAT.NEWS, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta menyampaikan kepada para pengguna jalan perlintasan sebidang Kereta Api (KA) agar berhati-hati dan selalu waspada.

Hal tersebut dikatakan Ixfan Hendriwintoko Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta pasca insiden tertempernya KA Airlangga relasi Pasarsenen tujuan Surabaya di Bulak Kapal Bekasi, Sabtu (23/3/2024).

“Utamakan keselamatan dengan mematuhi rambu-rambu serta aturan yang ada, wajib BERTEMAN (Berhenti, Tengok Kanan-Kiri, Aman, dan Jalan), serta tidak membuat ataupun membangun perlintasan-perlintasan,” tegas Ixfan.

Atas kejadian tersebut, beberapa Kereta Api (KA) sempat mengalami keterlambatan. KAI meminta maaf atas terjadinya gangguan dalam perjalanan dan keterlambatan.

Sebelumnya, Dua mobil ringsek tertabrak kereta api (KA) Airlangga di perlintasan sebidang Bulak Kapal, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu siang.

Kanit Lakalantas Polres Metro Bekasi Kota Iptu Suwandi mengatakan.peristiwa kecelakaan tersebut terjadi sekitar pukul 12.00 WIB.

“Kejadian kecelakaan lalu-lintas terjadi pukul 12.00 WIB, jadi kereta api tersebut datang dari arah barat (Jakarta) menuju Timur (Jawa Tengah),” katanya di Bekasi, Sabtu (23/3/2024).

Kronologi peristiwa bermula saat sebuah mobil Nissan Teana dengan nomor polisi B 1578 KBN yang dikendarai seorang perempuan berinisial CBF (58) datang dari arah Bulak Kapal (selatan) menuju Perumnas 3 (utara).

Dari arah berlawanan, sebuah mobil Toyota Calya dengan nomor polisi B 2833 FFD yang dikendarai oleh pria berinisial S (43) juga ingin melintasi rel kereta tersebut.

“Pada saat itu terjadi benturan (kereta menabrak dua mobil),” katanya.

Suwandi juga mengatakan.dua mobil yang terseret akibat benturan tersebut mengenai dua sepeda yang berada di sampingnya dan satu unit sepeda motor yang sedang terparkir tidak jauh dari tempat kejadian perkara.

“Dari kejadian tersebut, kendaraan yang terlibat kecelakaan mengalami kerusakan. (Untuk) kereta api Airlangga meneruskan perjalanan,” katanya.

Akibat peristiwa tersebut, dua orang sopir mini bus dan satu orang penumpang Toyota Calya mengalami luka-luka dan sudah mendapatkan perawatan di rumah sakit.

“Pengemudi dan penumpang mengalami luka dibawa ke rumah sakit. Kami juga sudah melakukan evakuasi terhadap seluruh kendaraan yang terlibat kecelakaan,” kata dia.