RAKYAT NEWS, MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 memprediksi puncak lonjakan arus penumpang mudik di seluruh pelabuhan kelolaan Pelindo di Regional 4 pada momen Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah (H) sudah terjadi sejak H-4 dan puncak arus balik diperkirakan pada H+10 hari raya, pada Rabu (27/3/2024).

Diketahui, libur hari raya besar keagamaan selalu menjadi momen yang dinantikan. Termasuk momen Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran yang setiap tahun selalu ditunggu seluruh umat Muslim untuk melakukan mudik ke kampung halaman masing-masing.

Kegiatan mudik menjelang Lebaran yang hanya ada di Indonesia, merupakan momen yang sangat dinantikan oleh hampir seluruh umat Muslim di negeri ini.

Menghadapi musim mudik Lebaran Idul Fitri 1445 H, Executive Director 4 Pelindo Regional 4, Abdul Azis mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai langkah dan upaya untuk mengantisipasi lonjakan arus penumpang di seluruh pelabuhan kelolaan di Regional 4 yang diprediksi bakal mengalami peningkatan sebesar 6% pada momen Lebaran tahun ini.

“Misalnya kita telah melakukan peningkatan fasilitas di Pelabuhan Makassar, membuat Ruang Tunggu Sementara (RTS) di Pelabuhan Balikpapan dan Pelabuhan Ambon, serta melaksanakan transformasi terminal penumpang di Pelabuhan Samarinda, Ambon, dan Pelabuhan Nunukan,” tutur Abdul Azis.

Selain itu, pihaknya juga melakukan peningkatan pola operasi, digitalisasi, dan pemenuhan fasiltas lainnya seperti penambahan kursi, AC, serta perbaikan toilet di ruang tunggu penumpang. Juga meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) agar pelayanan yang diberikan menjadi lebih optimal dan maksimal.

Abdul Azis menyebutkan, adapun prediksi peningkatan jumlah penumpang di momen mudik Lebaran tahun ini yaitu sebanyak 785.880 orang, dari sebanyak 741.396 orang penumpang yang naik dan turun di semua pelabuhan kelolaan Pelindo di Regional 4 pada momen mudik Idul Fitri tahun lalu.