RAKYAT.NEWS, MEDAN – PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) menggelar Kompetisi Jurnalistik SPMT Group 2024 dengan mengusung tema “Dua Tahun Pelindo Transformasi Pelabuhan nonpetikemas Indonesia” yang terbuka bagi para jurnalis di seluruh Indonesia.

Menurut Sekretaris Perusahaan SPMT, Fiona Sari Utami, kompetisi tersebut merupakan bentuk apresiasi pihaknya terhadap jurnalis yang turut mendukung dalam menyampaikan informasi seputar SPMT Group yang terdiri dari Subholding Pelindo Multi terminal dengan tiga anak perusahaannya yakni PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP), PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IKT), dan PT Terminal Curah Utama (TCU).

“Kompetisi Jurnalistik SPMT Group 2024 ini digelar sebagai wujud apresiasi SPMT Group kepada jurnalis Indonesia yang sudah mendukung penyampaian informasi mengenai layanan kepelabuhanan nonpetikemas SPMT Group pasca merger Pelindo hingga ke seluruh penjuru negeri,” ujar Fiona.

Kompetisi berlangsung sejak 13 Februari hingga 16 April 2024 dengan dua kategori yaitu karya tulis jurnalistik dan karya foto jurnalistik dengan total hadiah mencapai Rp 140 juta.

“Dalam upaya untuk menghadirkan layanan yang unggul kepada para pengguna jasa, SPMT Group terus berkomitmen untuk melakukan transformasi di seluruh pelabuhan yang dikelolanya yang mengacu pada enam pilar yaitu proses bisnis, SDM, teknologi, peralatan, infrastruktur, dan health, safety, security, and environment (HSSE). Melalui kompetisi ini, SPMT berharap mendapatkan masukan yang membangun dari para jurnalis yang bertujuan untuk memberikan dorongan bagi SPMT dalam meningkatkan layanan logistik kepelabuhanan,” kata Fiona.

Sampai dengan saat ini SPMT telah melakukan transformasi 25 terminal di pelabuhan yang dikelolanya di seluruh Indonesia dengan melakukan standarisasi dan digitalisasi dimulai dari planning and control, serta improvement traffic flow sehingga kegiatan bongkar muat menjadi lebih maksimal. Proses transformasi ini juga berdampak pada peningkatan produktivitas Ton/Ship/Day serta penurunan port stay dan cargo stay yang signifikan.