RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Andi Alfian Mallarangeng, mengungkapkan bahwa masih terlalu dini jika membahas sosok yang akan mengisi posisi menteri di kabinet Prabowo-Gibran.

“Waktu cukup lama bagi Prabowo sebagai presiden terpilih untuk mendesain kabinetnya. Dan nanti partai-partai yang dalam koalisi pemerintahan itu diminta untuk persiapkan kader-kadernya pada posisi apa,” kata Andi, Kamis (28/3/2024), mengutip CNNIndonesia.com.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkapkan Prabowo sudah meminta menyiapkan kader terbaik Demokrat untuk menjadi menteri di kabinet pemerintahan mendatang.

AHY menyebut partainya bertekad membantu pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Demokrat menurutnya akan berupaya menunaikan janji-janji kampanye Prabowo-Gibran.

“Bapak [Prabowo] juga sudah memerintahkan kepada saya, untuk menyiapkan sejumlah kader terbaik Partai Demokrat, yang akan membantu Bapak di kabinet dan pemerintahan mendatang,” kata AHY di sela acara buka bersama di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (27/3/2024).

Demokrat menjadi salah satu partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju dan mengusung Prabowo di Pilpres 2024. Koalisi tersebut berisikan Gerindra, Golkar, PAN, PSI, Demokrat, PBB, Garuda, dan Gelora.

Jika memang Demokrat telah diminta untuk bersiap menduduki kursi menteri, Andi menyatakan AHY sebagai kader terbaik yang patut disiapkan untuk berada pada jajaran kabinet Prabowo-Gibran.

“Ketum AHY kader terbaik Partai Demokrat. wajar saja [disiapkan]. Tentu saja. Kader terbaik, tentu saja dong. Kita siapkan kader terbaik dari yang terbaik Demokrat saat ini kan Ketum AHY,” kata Andi.

Andi mengaku belum mengetahui Demokrat nantinya akan mendapatkan posisi apa dan mendapatkan berapa kursi menteri di kabinet Prabowo-Gibran.

Namun, Andi menekankan Demokrat mendapatkan kehormatan jika ditawari untuk membantu Prabowo di kabinet.