RAKYAT.NEWS, JAKRATA – Sebagian Gedung YLBHI dan LBH Jakarta hangus dilalap api pada Minggu malam (7/4/2024). Menurut saksi mata, kebakaran diduga berasal dari blower AC.

“Katanya ada percikan dari blower AC,” kata Ketua Umum YLBHI, Isnur, mengutip CNNIndonesia.com.

Lantai satu hingga empat gedung YLBHI hancur pada bagian tengah dengan kaca jendela hilang dari bingkai. Garis polisi (police line) pada pagi ini sudah terpasang di pagar luar gedung.

Lapisan dinding gedung yang berwarna alumunium mengelupas, sebagian besar terbakar. Beberapa tanaman yang dipajang di lantai dua pun mati karena dilalap api, daunnya menghilang terbakar dan beberapa kering.

Plafon dari lantai dua hingga empat tampak rusak, sehingga atap pada lantai tersebut bolong, dan kabel-kabel menjuntai dari dalamnya. Material di atasnya juga berhamburan ke bawah.

Isnur menyebut saat kebakaran kondisi gedung YLBHI sedang kosong sehingga tidak ada staf yang terkena dampaknya.

Namun, kebakaran itu memakan korban dari petugas kebakaran, yang diduga meninggal karena sesak napas imbas asap.

Sebelumnya, berdasarkan informasi dari Kadis Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta Satriadi Gunawan, tim pemadam kebakaran menerima informasi kebakaran gedung LBH pada pukul 22.00 WIB.

Dugaan penyebab kebakaran korsleting listrik. Kronologi yang disampaikan yakni pemilik warung klontong melihat ledakan di lantai 2 Gedung LBH yang disebabkan outdoor AC. Lantas api menjalar cepat ke lantai 3 dan 4.