JAKARTA – Ketua DPP Partai NasDem, Effendy Choirie yakin bahwa kader NasDem yang menjadi Menteri saat ini tidak akan terdampak reshuffle oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga: Kadishub Sulsel Kunjungi Bandara Andi Djemma Bersama Wabup Lutra
Meskipun reshuffle merupakan hak prerogatif Jokowi. Namun, Effenfy yakin tidak akan mengganggu kader partai NasDem sebab hubungan antara Jokowi dengan Surya Paloh telah terjalin lama.

“Karena hubungan begitu baik selama ini. Ada sedikit mungkin perbedaan, wajar,” jelasnya dilansir dari CNNIndonesia.com.

Adapun tiga menteri Jokowi dari NasDem yaitu Menteri Kehutanan, Siti Nurbaya; Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo; dan Menteri Komunikasi dan Informasi, Johnny G Plate.

Meski demikian, sejumlah kelompok relawan Jokowi mendesak agar ketiga Menteri tersebut dicopot, sebab NasDem telah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024.

Saat ditanya, Jokowi pun memberi sinyal ada rencana perombakan Kabinet Indonesia Maju.

“Rencana selalu ada, pelaksanaan nanti diputuskan,” kata Jokowi.

Wacana soal reshuffle mengemuka seiring dengan deklarasi Anies Baswedan sebagai bakal capres oleh NasDem. Wacana muncul lantaran Anies selama ini dinilai kerap berseberangan dengan parpol koalisi, terutama partai terbesar di koalisi Jokowi, PDIP.

Apalagi PDIP juga sudah melontarkan kritik deklarasi tersebut. Jokowi diketahui juga kader PDIP.