MAKASSAR- Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Program Studi S1 Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) menerima kunjungan Tim visitas lapangan dari lembaga akreditasi internasional ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik) di Balai Sidang Muktamar, Jalan Sultan Alauddin Makassar, Selasa, (26/9/2023).

 

ASIIN adalah lembaga akreditasi internasional untuk bidang ilmu teknik, ilmu pengetahuan alam, matematika, ilmu komputer, kedokteran, dan ekonomi. Sertifikat akreditasi ASIIN diberikan kepada program studi yang memenuhi kriteria akademik dan profesional pada bidang keilmuan terkait.

Untuk memeroleh sertifikat ASIIN, program studi harus memenuhi syarat penyelenggaraan pendidikan dan proses belajar-mengajar yang berorientasi learning outcome, mengacu standar European Qualifications Framework for Life-long Learning (EQF LLL).

Ada 4 orang yang tergabung dalam tim asesor sebagai perwakilan dari ASIIN, yaitu Prof. Thomas Reinheckel, MD, Ms. Anika Biel, MD, Mr. Christian Daniels, Dr. Gita Vita Suraya dan Muhamnmad Adam Tri Yoga, S.Ked.

Dalam kegiatan pembukaan tersebut, Dekan FKIK Unismuh Prof Suryani As’ad menyampaikan selamat datang kepada para asesor. Ia juga menyampaian apresiasi atas dukungan Pimpinan Unismuh dalam proses akreditasi internasional tersebut.

Menurut Suryani, pihaknya mengaku banyak berbenah dalam persiapan akreditasi ASIIN. Ia percaya, pembenahan di lembaga pendidikan kedokteran, bakal menghasilkan dokter-dokter berkualitas pada masa-masa mendatang.

Sementara itu, Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse, memaparkan Visi – Misi Makassar, hingga Roadmap pengembangan Unismuh Makassar hingga tahun 2044.

Pada tahap pertama, kata Ambo Asse, Unismuh menargetkan mencapai akreditasi Unggul dan bereputasi nasional (Excellent and National Reputable University) pada periode 2020-2024.

Tahap kedua, lanjutnya, adalah fase menuju universitas riset dan bereputasi internasional. Riset (Toward Research and International Reputable University) pada 2024-2028.