MAMASA – Politeknik Pariwisata Makassar (Poltekpar) melakukan Seminar Laporan Akhir, Penyusunan Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten (RIPPARKAB) Mamasa Tahun 2021-2026 di ruang pola bupati Mamasa, Jum’at (1/10/2021)

Baca Juga: Pemerintah Luncurkan Materai Elektronik, Sri Mulyani: Perlu Adanya Edukasi

Seminar ini dilaksanakan sebagai rangkaian dari kerjasama Pemerintah Kabupaten Mamasa dengan Politeknik Pariwisata Makassar dalam mengembangkan kepariwisataan di Kabupaten Mamasa.

Kepala Dinas Pariwisata Mamasa, Rahmat Taula’bi, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan seminar laporan akhir RIPPARKAB Mamasa.

“Seminar penyusunan Ripparkab ini memberikan gambaran kepada pemerintah dalam upaya penyusunan Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Induk Pengembangan Kepariwisataan di Kabupaten Mamasa yang ditetapkan mulai 2021 hingga 2036 kedepan”, kata Rahmat.

Sementra itu, Direktur Politeknik Pariwisata Makassar, Drs. Muhammad Arifin, M.Pd, menyampaikan bahwa Poltekpar Makassar memiliki Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) yang salah satunya menjalankan Tri Dharma perguruan tinggi.

“Tupoksi Poltekpar Makassar yang salah satunya melakukan Tri Dharma perguruan tinggi dengan berkolaborasi dalam melaksanakan penelitian, pengkajian untuk dapat melahirkan RIPPARKAB Kabupaten Mamasa ini,” ujarnya.

Lanjut Arifin, mengungkapkan bahwa dalam Ripparkab ini kedepannya dapat meletakkan nilai-nilai dasar dalam hal pembangunan kepariwisataan dengan menentukan obyek wisata yamg dianggap strategis untuk dapat dikembangkan.

“RIPPARKAB ini bisa meletakkan dasar-dasar pembangunan kepariwisataan, termasuk menentukan obyek wisata yang dianggap strategis untuk dikembangkan. Tentunya pembangunan pariwisata tidak terlepas dari peran serta OPD, Camat, Lurah dan kepala desa Kabupaten Mamasa,”

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Mamasa, Marthinus Tiranda, dalam Sambutan dan sekaligus membuka kegiatan ini menyampaikan pengembangan pariwisata Kabupaten Mamasa yang memiliki potensi alam serta budaya ini membutuhkan uluran tangan dan perhatian berbagai pihak untuk dapat lebih baik kedepannya.