JAKARTA – Ketua DPR RI Puan Maharani dalam pesannya untuk menjaga PLBN (Pos Lintas Batas Negara) Sota mengatakan, pembangunan PLBN merupakan penguatan martabat negara.

Baca Juga : Jokowi Harap PLBN Sota Beri Pelayanan Terbaik

“Tolong PLBN Sota ini dijaga, dirawat dan kualitas layanannya terus ditingkatkan. PLBN Sota milik kita semua, sebab ini merupakan penguat martabat negara kita dari pandangan orang lain. Tamu yang datang terlebih dahulu akan melihat gerbang ini,” ucapnya saat mendampingi Presiden RI dalam peresmian PLBN Sota, Minggu (03/10/2021).

Menurutnya, apabila gerbangnya bagus, maka tamu akan kagum karena tahu di dalam rumah juga bagus.

“Kalau gerbangnya bagus, tamu akan kagum. Namun kalau gerbangnya jelek, maka tamunya langsung memandang rumah kita sebelah mata karena dianggap dalam rumahnya juga jelek,” lanjutnya.

Dia berharap pembangunan PLBN Sota dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat, apalagi dalam delapan bulan terakhir terdapat surplus perdagangan perlintasan barang ekspor impor melalui PLBN Sota.

“saya harap pembangunan PLBN Sota dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat, apalagi dalam delapan bulan terakhir terdapat surplus perdagangan perlintasan barang ekspor impor melalui PLBN Sota,” harapnya.

Berdasarkan data pada periode Januari-Agustus 2021, nilai ekspor melalui PLBN Sota sekitar Rp 107 Juta dan nilai impor mencapai Rp 62 Juta, menunjukkan geliat ekonomi meningkat di pasar PLBN.

“Semakin bergeliatnya ekonomi masyarakat, terutama di pasar PLBN, akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah yang pada akhirnya menambah kesejahteraan rakyat,” tuturnya.