MAKASSAR – Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua digelar, ditandai dengan dibukanya kegiatan tersebut oleh Presiden Joko Widodo Sabtu (2/10). Pagelaran ini dapat banyak apresiasi dari masyarakat.

Baca Juga : Senam Artistik Sulsel Raih Medali Emas PON Papua

PON XX Papua 2021 menyita perhatian banyak pihak, bukan tanpa alasan sebab Papua yang selama ini terkenal dengan keterbelakangan pembangunan. Mengakibatkan Papua tertinggal banyak aspek dari daerah lain di Indonesia, seringkali memberikan stigma bahwa Papua anak tiri Indonesia.

Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin mengatakan banyak pihak tidak percaya bahwa Papua mampu mengelar PON XX.

“Hampir banyak orang tidak percaya kalo PON bisa terlaksana,” ucap Ngabalin saat diwawancara oleh metrotv, Minggu (3/10/2021)

Lanjutnya, Ia menekankan pagelaran PON XX di tanah Papua menjadi sejarah besar bangsa Indonesia. hal ini membuktikan bahwa Papua menjadi bagian penting dari negara Indonesia.

“Sejarah bangsa Indonesia untuk pertama kalinya dalam sejarah Republik Indonesia PON ini bisa berjalan dan dilaksanakan di tanah Papua,” tuturnya.

Ngabalin mengucapkan syukur sekaligu bersukcita, Ia menjelaskan pelaksanaan PON di Papua merupakan bukti nyata kesetaraan kita berbangsa dan bernegara.

“Ungkapan harapan sukacita bahwa PON ini merupakan simbol nyata ada setaraan kita sebagai bangsa Indonesia,” jelasnya.