RAKYAT NEWS, BANGKA BELITUNG – Seorang nelayan bernama Irwan Irvan menemukan puing-puing helikopter Polri yang jatuh di perairan Kepulauan Bangka Belitung pada tahun 2022, pada hari Minggu (14/7/2024).

Irwan menemukan puing tersebut saat sedang mencari ikan di perairan Karang Tiga, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

Saat Irwan mengangkat bubu, ia merasakan sesuatu yang berat. Ternyata, itu adalah puing helikopter yang terjebak.

“Saya pikir karang, ternyata pas diangkat adalah puing-puing helikopternya. Lalu saya angkat ke perahu saya,” ujarnya, Jumat (19/7/2024), dikutip dari Bangka Pos.

Karena penasaran, Irwan kemudian menyelam untuk memastikan apakah masih ada puing lain di dasar laut. Ia menemukan beberapa puing lainnya, termasuk kursi yang diduga berasal dari helikopter.

“Selain itu juga saya ada melihat kotak berwarna kuning. Berat barangnya jadi tidak saya angkat,” ucap warga Desa Baru, Kecamatan Manggar, Belitung Timur ini.

Ia kemudian melaporkan temuan tersebut kepada Polairud Polri. Tim dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang segera bergerak ke lokasi setelah mendapat informasi dari Polairud Manggar.

“Hari ini kita memberangkatkan tim rescue menuju lokasi penemuan serpihan helikopter yang berada di tidak jauh dari lokasi kejadian awal,” ungkap Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang I Made Oka Astawa, Sabtu, dilansir dari Antara.

Menurut Oka, puing-puing helikopter tersebut ditemukan sekitar satu mil laut dari perkiraan titik jatuh helikopter.

Pencarian pun dilanjutkan dengan melibatkan tim penyelam. Dalam penyelaman tersebut, tim berhasil menemukan badan helikopter tersebut.

“Bagian badan helikopter sudah ditemukan, perkiraan kedalaman 18 meter,” tuturnya.

Oka menjelaskan bahwa selama operasi pencarian, tim menghadapi angin kencang yang mempengaruhi gelombang laut dan membuat air agak keruh, sehingga mengurangi jarak pandang.