RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Partai Golkar akan membuka pendaftaran untuk mencari calon ketua umum periode 2024-2029 mulai Senin (19/8) jam 16.00 WIB hingga 22.00 WIB.

“Pembukaan pendaftaran sesuai dengan apa yang sudah disampaikan di mulai besok jam 16.00 sore sampai pukul 22.00 malam,” kata Wakil Ketua Umum DPP Golkar, Bambang Soesatyo di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Minggu (18/8/2024), mengutip CNNIndonesia.com.

Kader Golkar yang ingin menjadi calon ketua umum harus memenuhi sejumlah kriteria yang tercantum dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Golkar.

“Tema kita adalah ‘Golkar Solid untuk Indonesia Maju,” kata dia.

Selain itu, akan diadakan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) pada Selasa (20/8) pagi mulai jam 08.00 WIB hingga 13.00 WIB yang akan dibuka oleh Pelaksana Tugas Ketua Umum Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita.

Rapimnas ini akan memutuskan pengunduran diri Airlangga Hartarto dari jabatan ketua umum Partai Golkar.

“Kedua pengesahan Plt [Ketum] dan pengesahan jadwal Munas yang akan dilaksanakan pada tanggal yang sama,” kata dia.

Setelah Rapimnas, Golkar akan menyelenggarakan Musyawarah Nasional (Munas) di JCC, Senayan, Jakarta pada hari yang sama dari jam 15.00 WIB hingga Rabu (21/8).

Peserta Munas akan berasal dari pimpinan daerah Golkar di seluruh Indonesia dan acara akan dibuka oleh Agus Gumiwang Kartasasmita.

“Dari 38 provinsi, dan hampir 558 pengurus kabupaten/kota akan kumpul di JCC dan undangan Munas 1.500,” kata dia.

Pada hari kedua Munas, Partai Golkar akan menetapkan ketua umum terpilih untuk periode 2024-2029.

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar, Adies Kadir mengungkapkan, bahwa salah satu syarat menjadi calon ketua umum Golkar adalah memiliki minimal surat dukungan dari 30% pengurus Golkar tingkat DPD I dan DPD II.