RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Meski sempat mengalahkan Argentina dengan skor 2-1 beberapa hari yang lalu, kini Timnas Indonesia U-20 mengalami kekalahan 0-2 dari Thailand dalam pertandingan kedua Seoul Earth On Us Cup 2024 di Stadion Mokdong, Seol, Korea Selatan, Jumat (30/8/2024).

Kekalahan Timnas Indonesia dimulai dari Gol pertama Thailand terjadi pada menit ke-10 setelah Caelan Ryan berhasil memanfaatkan kesalahan pertahanan Indonesia. Kesalahan umpan oleh Rahmat yang seharusnya menuju Dony Tri Pamungkas malah direbut oleh Thanawut Phochai.

Thanawut kemudian memberikan umpan kepada Ryan. Penyerang dari klub Inggris Port Vale itu berhasil mencetak gol dengan tendangan keras di depan kotak penalti, mengalahkan kiper I Wayan Artha Wiguna.

Meskipun tertinggal dan tertekan, Timnas Indonesia U-20 mencoba tetap tenang. Mereka mendapat peluang pertama pada menit ke-19 ketika Marselinus Ama Ola menerima umpan di kotak penalti dari Toni Firmansyah. Namun, tendangan Marselinus masih terlalu lemah dan mudah ditangkap oleh kiper Anut Samran.

Meskipun lebih banyak menguasai bola, Indonesia kesulitan menciptakan peluang emas. Begitu juga dengan Thailand yang tidak terlalu mengancam gawang Indonesia. Skor 1-0 tetap bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Indonesia mencoba meningkatkan serangan. Iqbal Gwijangge memiliki peluang bagus pada menit ke-51 tetapi sontekannya dari sepak pojok melambung di atas mistar gawang.

Camara Ousmane juga gagal mengarahkan tembakannya ke gawang tujuh menit berselang. Indonesia mendominasi penguasaan bola dan membuat Thailand kesulitan, namun kesalahan umpan di area serangan sering terjadi.

Gawang Indonesia kembali kebobolan pada menit ke-90+2 setelah Ratthaphum Phankhechon mencetak gol kedua untuk Thailand dengan tembakan lob kaki kiri dari dalam kotak penalti.