RAKYAT.NEWS, JAKARTAIndonesia meraih medali pertamanya di Paralimpiade 2024 di Paris ketika Saptoyogo Purnomo mencatat sejarah dengan memenangkan medali perak dalam nomor atletik 100 meter putra T37 di Stade de France, Paris,  Jumat (30/8/2024).

Saptoyogo memenangkan medali perak dengan waktu 11,26 detik. Atlet atletik berusia 25 tahun itu menempati posisi kedua di belakang Ricardo Gomes de Mendonca dari Brasil yang mencatat waktu 11,07 detik.

Medali perunggu diraih oleh Andrei Vdovin dari Neutral Paralympic Athletes (NPA), yang merupakan nama yang digunakan untuk mewakili atlet Rusia dan Belarusia yang diizinkan untuk berkompetisi di Paralimpiade.

Medali perak ini memiliki makna sejarah bagi Indonesia. Karena Saptoyogo menjadi atlet atletik pertama dalam 48 tahun terakhir yang berhasil memenangkan medali perak dalam nomor 100 meter putra sejak Ashari meraihnya di Paralimpiade 1976 Toronto.

Kesuksesan Saptoyogo dalam meraih medali membuat Indonesia untuk sementara waktu menempati posisi 33 dalam klasemen medali Paralimpiade 2024.

Melalui perolehan tersebut, Indonesia saat ini berada di atas negara-negara seperti Irlandia, Thailand, Argentina, dan Kanada.