RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Tim Indonesia menempati peringkat ke-50 dalam klasemen akhir Paralimpiade 2024 yang telah berakhir pada Minggu (8/9) dengan perolehan satu medali emas, delapan medali perak, dan lima medali perunggu.

Satu medali emas Indonesia diraih oleh pasangan ganda campuran para badminton Hikmat Ramdani/Leani Ratri Oktila.

Selain itu, Indonesia juga meraih delapan medali perak, antara lain dari Muhammad Bintang Herlangga (Boccia – Tunggal Putra), Muhammad Syafa/Felix Ardi Yudha/Gischa Zayana (Boccia – Beregu Campuran), Saptoyogo Purnomo (Atletik – 100 meter Putra), dan Karisma Evi Tiarani (Atletik – 100 meter Putri).

Di cabang olahraga badminton, Indonesia memperoleh empat medali perak melalui Suryo Nugroho (Tunggal Putra), Qonitah Ikhtiar Syakuroh (Tunggal Putri SL3), Leani Ratri Oktila (Tunggal Putri SL4), dan pasangan Khalimatus Sadiyah/Fredy Setiawan (Ganda Campuran).

Tak hanya itu, Indonesia juga meraih lima medali perunggu antara lain dari Muhamad Syafa (Boccia – Tunggal Putra), Gischa Zayana (Boccia – Tunggal Putri), Fredy Setiawan (Badminton – Tunggal Putra), Dheva Anrimusthi (Badminton – Tunggal Putra SU5), dan pasangan Subhan/Rina Marlina (Badminton – Ganda Campuran SH6).

Perolehan 14 medali ini melampaui target yang ditetapkan oleh tim Indonesia untuk Paralimpiade 2024, yaitu satu emas, dua perak, dan tiga perunggu.

Kontingen Indonesia juga mencatat sejarah dengan meraih perolehan medali terbanyak sepanjang sejarah keikutsertaan tim Merah Putih di Paralimpiade dengan 14 medali.

Sementara itu, juara umum Paralimpiade Paris 2024 diperoleh oleh tim China dengan total 94 emas, 76 perak, dan 50 perunggu. Sedangkan Inggris Raya menempati posisi kedua dengan 49 emas, 44 perak, dan 31 perunggu, diikuti oleh Amerika Serikat di posisi ketiga dengan perolehan 36 emas, 42 perak, dan 27 perunggu.

Berikut adalah daftar atlet Indonesia yang meraih medali dalam Paralimpiade Paris 2024:

Medali Emas
1. Hikmat Ramdani/Leani Ratri Oktila (Badminton – Ganda Campuran)