RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan kesiapannya untuk kembali menjadi menteri dalam kabinet Presiden terpilih, Prabowo Subianto.

“Termasuk saya sendiri tentu harus siap menjalankan tugas apapun yang diberikan oleh beliau (Prabowo),” kata AHY, mengutip CNNIndonesia.com, Jumat (13/9/2024).

AHY menegaskan bahwa Partai Demokrat memiliki peran penting dalam kesuksesan Prabowo dalam Pilpres 2024 dan berharap dapat turut serta dalam pengawalan pemerintahan ke depan.

AHY meminta para kader Demokrat untuk bersiap menjadi bagian dari tim terbaik yang akan dibentuk oleh Prabowo.

“Karena bagi kami menjalankan peran pemerintahan di tingkat nasional ini merupakan sebuah amanah dan juga harus kita pertanggungjawabkan dengan sebaik-baiknya,” kata dia.

Dalam konteks ini, AHY menyebutkan bahwa Kementerian ATR/BPN yang dipimpinnya memiliki beberapa program prioritas yang perlu diselesaikan, seperti program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang ditargetkan selesai pada akhir tahun ini.

Selain itu, AHY juga akan fokus pada reforma agraria, baik dalam pengelolaan aset maupun pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Dari berbagai program terkait dengan reforma agraria tadi, ini juga akan kita kawal,” ucap dia.

Pada 27 Maret 2024, AHY mengungkapkan bahwa Prabowo telah meminta partainya untuk menyiapkan kader terbaik demi posisi menteri dalam kabinet masa depan.

AHY menegaskan komitmen Partai Demokrat untuk mendukung pemerintahan Prabowo serta memenuhi janji-janji kampanye Prabowo-Gibran.

Partai Demokrat merupakan salah satu partai pendukung Prabowo di Pilpres 2024 melalui Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Pasangan Prabowo-Gibran berhasil memenangkan Pilpres 2024 dalam satu putaran dan akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2024.