RAKYAT NEWS, WEST PALM BEACH – Calon presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengalami upaya penembakan lagi pada hari Minggu (15/9/2024) di West Palm Beach, Florida, dekat rumahnya di Mar-a-Lago.

Saat insiden terjadi, Trump sedang bermain golf di lapangan saat tiba-tiba ada penembak muncul di depannya. Beruntungnya, Trump tidak terluka dan aman, sementara pelaku penembakan telah berhasil ditangkap.

Dinas Rahasia AS telah mengonfirmasi bahwa salah satu agennya menembak seorang pria bersenjata yang berada di dekat lapangan golf yang ditempati Trump. Pihak berwenang berhasil menemukan senjata AK-47 beserta teropong dan kamera video GoPro.

Meskipun tersangka sempat melarikan diri menggunakan mobil hitam, namun berkat bantuan seorang saksi, polisi dapat mengidentifikasi kendaraan tersebut dan mengejar tersangka tersebut.

“Kami menahan seseorang saat ini yang merupakan tersangka potensial,” kata Sheriff Palm Beach County, Ric Bradshaw, dalam konferensi pers, dikutip dari kantor berita AFP.

“Presiden Trump aman setelah mendengar suara tembakan di sekitarnya,” kata juru bicara tim kampanye Steven Cheung.

Kejadian penembakan ini terjadi setelah insiden sebelumnya di mana Trump mengalami luka di telinga saat berkampanye di Kota Butler, Pennsylvania pada tanggal 13 Juli 2024.

Namun, hingga saat ini belum diketahui apakah pria bersenjata tersebut melepaskan tembakan ke arah Trump.

Sheriff Bradshaw menambahkan bahwa petugas Dinas Rahasia segera bertindak setelah melihat senjata mencuat dari pagar dan langsung menembak tersangka tersebut.

“Saat itulah dia kabur,” imbuh Bradshaw.

Menurutnya, tersangka kemungkinan berjarak 275-455 meter, namun dengan senjata dan teropong yang digunakan, jarak tersebut tidak terlalu jauh.