RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) RI, Supratman Andi Agtas mengumumkan bahwa Mees Hilgers dan Eliano Reijnders akan resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) di Belanda.

Keputusan ini diambil dengan cepat oleh Kemenkumham karena Hilgers dan Eliano saat ini masih aktif bermain untuk klub Eredivisie. Mengingat, keduanya sedang fokus membela tim mereka masing-masing di Liga Belanda.

“Alhamdulillah tadi siang kami sudah menyelesaikan rapat kerja bersama dengan Menteri Pemuda dan Olahraga, dengan Komisi III DPR RI untuk naturalisasi dua pemain sepak bola Indonesia karena itu kita tinggal menunggu satu tahapan terakhir, yakni pengambilan sumpah, katanya dalam unggahan di akun Instagram.

“Untuk naturalisasi dua pemain yang akan menjadi pemain Timnas Indonesia dalam rangka menuju Piala Dunia, langkah terakhir adalah pengambilan sumpah kewarganegaraan,” lanjutnya.

Diketaui bahwa saat ini, Mees Hilgers bermain untuk FC Twente sementara Eliano merupakan pemain PEC Zwolle di Eredivisie.

“Berhubung calon dua warga negara Indonesia yang nanti akan bergabung dengan Timnas masih berada di negara tempat mereka membina klub sepak bola di Belanda, maka langkah tercepat yang bisa diambil adalah kami memberangkatkan petugas dari Kementerian Hukum dan HAM yakni Dirjen AHU untuk pengambilan sumpah bagi warga negara di Kedutaan Besar RI di Belanda,” tambahnya.

Menkumham berharap langkah cepat ini akan menggembirakan suporter Timnas Indonesia. Timnas Indonesia sangat membutuhkan kontribusi dari Hilgers dan Eliano untuk memperkuat tim dalam menghadapi pertandingan lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026 di babak ketiga.

Timnas Indonesia akan bertanding tandang melawan Bahrain pada 10 Oktober dan melawan China pada 15 Oktober. Diharapkan Hilgers dan Eliano dapat segera didaftarkan dan bermain dalam kedua pertandingan tersebut.