RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Ahmad Muzani telah secara resmi diangkat sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) untuk periode 2024-2029.
Ahmad Muzani dilantik bersama para wakil ketua MPR lainnya dalam rapat paripurna yang dipimpin oleh Guntur Sasono dan Larasati Moriska selaku pimpinan sementara.
Ada sebanyak 545 dari total 732 anggota MPR yang menghadiri rapat paripurna, memungkinkan untuk melanjutkan agenda rapat.
Pelantikan tersebut juga dihadiri oleh pimpinan DPR, Puan Maharani, Adies Kadir, Sufmi Dasco Ahmad, Saan Mustofa, dan Cucun. Terlihat pula Ketua DPD RI, Sultan Bachtiar Najamuddin.
“Sesuai keputusan rapat gabungan telah disampaikan nama-nama calon pimpinan MPR 2024-2029 dari masing-masing fraksi,” ujar Guntur saat memimpin rapat penetapan pimpinan MPR RI di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (3/10).
“Ahmad Muzani dari Fraksi Gerindra sebagai Ketua MPR RI,” lanjut Guntur disambungkan dengan sejumlah nama pimpinan MPR lainnya.
Guntur kemudian menminta pendapatn dari sejumlah Anggota MPR yang hadir dalam rapat
“Saya minta pendapatnya? Setuju?,” tanya Guntur.
Seluruh peserta yang hadir dalam rapat kemudian mengatakan “Setuju,” yang dilanjutkan dengan ketukan palu oleh Guntur sebagai tanda pengambilan keputusan.
Acara dilanjutkan dengan pembacaan Keputusan MPR No.6/MPR tahun 2024 tentang Pimpinan MPR periode 2024-2029 yang dibacakan oleh Plt Sekjen MPR Siti Fauziah.
Selanjutnya, para pimpinan MPR melakukan sumpah janji yang dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung Muhammad Syafiruddin.

Berikut sejumlah pimpinan MPR periode 2024-2029.

Ketua:
Ahmad Muzani (Gerindra)
Wakil Ketua:
Bambang Wuryanto (PDIP)
Kahar Muzakir (Golkar)
Rusdi Kirana (PKB)
Eddy Soeparno (PAN)
Hidayat Nur Wahid (PKS)
Lestari Moerdijat (NasDem)
Edhi Baskoro Yudhoyono (Partai Demokrat)
Abcandra Muhammad Akbar Supratman (DPD)