RAKYAT. NEWS, JAKARTATimnas Indonesia kalah 1-2 dari China pada laga keempat Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia meski menguasai jalannya pertandingan di Stadion Qingdao, China, Selasa (15/10/2024).

Pertandingan antara China dan Indonesia diawali dengan baik. Timnas Indonesia berhasil mengendalikan permainan pada lima menit awal pertandingan, namun pertahanan China tetap kokoh.

Peluang pertama Timnas Indonesia oleh Witan Sulaeman pada menit kesepuluh. Pemain Persija Jakarta itu berhasil masuk ke dalam kotak penalti China, namun terjatuh sebelum dapat melakukan penyelesaian yang baik.

Timnas Indonesia masih mendominasi permainan hingga di menit ke-20. Namun, tim yang dilatih oleh Shin Tae Yong kesulitan mencetak gol. Satu menit kemudian, gawang Indonesia justru kebobolan.

Gol pertama China berasal dari tendangan bebas yang dikuasai Shayne Pattynama setelah adu kepala. Ia berharap bola keluar lapangan, namun pemain China berhasil menyodok bola sehingga tetap berada dalam lapangan.

Bola kemudian disambar oleh Behram Abduweli yang sukses mencetak gol di depan gawang Indonesia tanpa dapat diantisipasi oleh kiper Maarten Paes. Skor berubah menjadi 1-0 untuk China.

Timnas Indonesia kemudian meningkatkan intensitas serangan. Mereka memiliki dua peluang emas, salah satunya melalui tendangan keras Calvin Verdonk pada menit ke-40.

Pada menit ke-44, Zhang Yuning berhasil mencetak gol kedua untuk China. Dengan memanfaatkan umpan terobosan Gao Zhunyi, Zhang Yuning lolos dari jebakan offside dan sukses menjebol gawang Maarten Paes.

Gil Zhang Yuning kemudian merubah skor menjadi 2-0 untuk China dan bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, Shin Tae Yong memasukkan tiga pemain sekaligus: Marselino Ferdinan, Thom Haye, dan Rizky Ridho sebagai pengganti. Hingga kemudian dominasi Timnas Indonesia masih berlanjut namun sulit menembus pertahanan China.