RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Dalam rangka mendukung kelancaran Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober 2024, PT Kereta Api Indo- nesia selaku operator LRT Jabodebek mengoperasikan 364 perjalanan, dari yang sebelumnya 260 perjalanan.

Penambahan perjalanan ini dilakukan untuk memfasilitasi mobilitas masyarakat yang akan menghadiri acara bersejarah tersebut.

Dengan penambahan perjalanan ini headway LRT Jabodebek berlaku secara merata sepanjang hari yakni 11 menit pada lintas Jatimulya/Harjamukti-Cawang, dan 5 menit pada lintas Cawang-Dukuh Atas.

KAI berharap dengan perjalanan LRT Jabodebek ini dapat memastikan kelancaran perjalanan khususnya di area JI. Sudirman, JI. Thamrin, dan Jl. Merdeka Barat yang menjadi pusat acara.

Mahendro Trang Bawono, Manager Public Relations LRT Jabodebek, menyampaikan bahwa penambahan jumlah perjala nan ini merupakan bentuk komitmen KAI melalui LRT Jabodebek untuk menyediakan layanan transportasi yang lebih opti- mal dalam rangka mendukung acara-acara nasional.

“Dengan penambahan jumlah perjalanan menjadi 364, kami berharap masyarakat dapat merasakan pengalaman trans-

portasi publik yang lebih lancar dan nyaman selama berlangsungnya acara tersebut,” kata Mahendro.

Adapun jadwal perjalanan pertama dan terakhir LRT Jabodebek pada 20 Oktober 2024 adalah sebagai berikut:

Dukuh Atas-Jatimulya: Perjalanan pertama pukul 06:18, terakhir pukul 22:48.

Dukuh Atas-Harjamukti: Perjalanan pertama pukul 06:23, terakhir pukul 22:53.

Jatimulya-Dukuh Atas: Perjalanan pertama pukul 05:24, terakhir pukul 21:54. Harjamukti-Dukuh Atas: Perjalanan pertama pukul 05:30, terakhir pukul 22:00.

LRT Jabodebek juga telah menyiapkan langkah-langkah antisipatif guna mendukung kenyamanan penumpang, dengan menambah personel pengamanan dan petugas pelayanan di berbagai stasiun. Pengguna diimbau untuk memberikan pri- oritas kepada penumpang rentan seperti penyandang disabilitas, lansia, ibu hamil, serta orang tua yang membawa anak

kecil. “Kami mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan layanan LRT Jabodebek dengan bijak, menjaga ketertiban, serta

memperhatikan keselamatan selama perjalanan. Mengingat potensi peningkatan jumlah penumpang, kami berharap masyarakat dapat mendukung kelancaran perjalanan bersama,” tambah Mahendro.

Sebagai komitmen jangka panjang, KAI melalui LRT Jabodebek akan terus mendukung berbagai acara nasional dengan menyediakan layanan transportasi yang ramah lingkungan, nyaman, dan efisien. Inisiatif penambahan perjalanan ini di- harapkan dapat mendorong lebih banyak masyarakat beralih menggunakan transportasi publik, yang sekaligus memban- tu mengurangi kemacetan dan polusi di kawasan Jabodebek.

“Kami berharap penambahan jadwal perjalanan ini dapat mendukung masyarakat dalam menyaksikan momen bersejarah ini dengan lebih mudah dan nyaman, serta merasakan manfaat dari layanan transportasi publik yang terus kami kembang- kan,” tutup Mahendro.