Bulukumba, Rakyat News – Bakal calon Gubernur Sulsel, Nurdin Halid melakukan kunjungan ke usaha tambak PT. Agro Nusantara Halid (ANH) di Kelurahan Tana Lemo, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sabtu (3/2). Kunjungan itu disempatkan usai melawat ke Pantai Pasir Putih Tanjung Bira bersama istri, Andi Nurbani NH. 

Selama kunjungan ke tambaknya, NH terjun langsung memantau proses pembangunan proyek tahap kedua. Total hingga kini, terdapat 30 petak tambak masing-masing berukuran 2.500 meter persegi. 

“Untuk produksi udang, kita berharap minimal 15 ton per petak kolam. Produksi itu dalam sekali siklus, selama tiga bulan,” terang Direktur Operasional PT. Agro Nusantara Halid, Gunawan. 

Produksi PT. Agro Nusantara Halid yang dibudiyakan merupakan udang vaname (jenis udang putih). Menurut Gunawan, permintaan nasional jenis udang tersebut sudah tidak mencukupi lagi sehingga mengalami kekurangan produksi dalam negeri. 

“Ini menunjang program pemerintah dalam hal mencukupi kebutuhan udang di Indonesia. Pak NH sangat senang karena merasa bangga dengan udang produksi dari ANH ini,” tutur Gunawan. 

Komisaris PT. Agro Nusantara Halid sekaligus putra sulung NH, Andi M. Zunnun Armin Halid menuturkan lahan tambak seluas 40 hektar. Produksi udang tambak tersebut setiap siklusnya mampu menghasilkan pendapatan bersih senilai Rp800 juta. 

“Alhamdulillah, kebetulan tambak ini yang mendirikan memang bapak, tapi saya yang kelola. Inilah yang menjadi penunjang utama perekonomian keluarga dari sektor tambak,” bebernya. 

Usai memantau petak kolam tambak udang, NH bersama rombongan menikmati santapan khas hasil agro setempat. Di antaranya, jagung rebus dan durian. (*)