LUWU UTARA – Ada tiga alternatif pengendalian banjir yang diusulkan pada Pertemuan Konsultasi Masyarakat (PKM) II Pekerjaan Detail Desain Pengendalian Banjir Sungai Radda yang dibuka secara resmi oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Kamis (26/4) di Aula La Galigo.

Baca Juga: Cegah Genangan Air, Wabup Luwu Utara Tinjau Langsung Pemasangan Gorong-gorong

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang yang diwakili Nurlela selaku Kepala Bidang Pemanfaatan Jaringan Sumber Air menyebut, tiga alternatif pengendalian tersebut adalah pembangunan tanggul, pekerjaan normalisasi penampang sungai, dan pembangunan kolam retensi.

 

“Dari hasil analisis yang dilakukan, untuk tanggul dibangun di kiri dan kanan sungai pada daerah yang terdapat permukiman atau daerah dengan nilai ekonomis tinggi, sementara untuk pekerjaan normalisasi sungai dilakukan dengan pekerjaan galian sedimen yamg menutupi alur sungai, dan kolam retensi akan dibangun di lokasi sekitar pertemuan sungai Radda dengan Sungai Baebunta dan Sungai Baloli untuk menampung sementara debit puncak banjir dari ketiga sungai yang bertemu di satu titik. Ketiga alternatif inilah yang disosialisasikan sekaligus dikomunikasikan kepada Pemda dan masyaraka,” kata Nurlela.

 

Ia berharap, dari ketiga alternatif tersebut dapat membantu pengendalian banjir dan menekan daya rusak air agar tidak menimbulkan kerugian di masa mendatang.

 

Sejalan dengan hal tersebut, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani mengatakan Pemda didampingi BNPB telah menyusun Dokumen Rencana Rehabilitasi dan Rekonstruksi pasca bencana.

 

“Dalam dokumen tersebut ada lima sektor yang menjadi perhatian kita, yang pertama sektor pemukiman dalam hal ini perumahan masyarakat, yang kedua sektor infrastruktur yang terdiri atas transportasi darat dan sumber daya air, kemudian yang ketiga sektor ekonomi, yang keempat sektor sosial dan yang kelima lintas sektor karena cukup banyak aset pemerintah yang terdampak pada banjir bandang lalu,” kata Indah.