TEKNO – 5 Review dari Tablet Raspberry Pi Portabel RassPad3 berikut dapat menjadi bahan pertimbangan anda sebelum memiliki dan menggunakannya.

Baca Juga : 4 Review Earbud Beast Flex T3 untuk Pengguna Apple

Raspberry Pi sebelumnya telah merevolusi komputasi dengan menawarkan sebuah platform murah tapi ampuh untuk hacker, penggemar DIY, pembuat, dan brigade STEM.

Saat ini, jajaran teratas mencakup CPU berbasis lengan Quad-Core 64bit, RAM 8GB, kemampuan tampilan 4K ganda, dan host USB3.

Seperti namanya, RasPad adalah tablet berbasis Raspberry Pi. Inkarnasi pertama, yang keluar dalam kampanye Kickstarter 2018, berhasil didanai dan memberikan produk yang kasar di tepinya. Versi 2021 terasa lebih halus, mengatasi beberapa keluhan awal seperti masa pakai baterai yang singkat dan layar yang lebih baik.

Mengacu pada versi pertama, RasPad3 mencoba memanfaatkan antarmuka Pi 4, membuat sebagian besar dapat diakses dari luar. Itu juga dilengkapi dengan layar IPS besar, baterai internal, pengeras suara, dan kipas. Ini adalah produk hebat tetapi dengan harga $ 219, seseorang mendapatkan kit yang tidak memiliki Pi, sehingga membatasi pengalaman out-of-the-box.

Berikut 5 Review Tablet Raspberry Pi Portabel RassPad3:

1. Harga

Anda dapat membeli RasPad 3-A langsung dari situs web RasPad dengan colokan AS/UE atau Inggris hanya dengan $219, yang jika dirupiahkan senilai 3,2jt. Harga tidak termasuk pajak lokal atau biaya kurir yang mungkin dikenakan oleh perantara mana pun.

2. Desain

RasPad3 dikirimkan dalam kotak yang berisi semua aksesori yang diperlukan untuk membuat tablet kecuali Raspberry Pi4. Tambahkan keyboard ke dalamnya dan Anda bisa mendapatkan laptop palsu untuk para insinyur . Unit ini memiliki berat sekitar 900 gram dan memiliki tapak yang lebih kecil dari lembaran A4.

RasPad3 memecah tiga port USB3 yang bersumber dari satu port USB3 Raspberry Pi. Soket audio bersama dengan dua speaker stereo kecil melengkapi sistem suara. Port Gigabit Ethernet dan output HDMI juga dirutekan dari Pi ke tepi casing.

Kabel untuk port HDMI, USB, dan Ethernet disertakan dalam paket. Kabel yang dibuat khusus ini menghubungkan Pi ke berbagai papan secara internal. Obeng juga disediakan untuk membantu perakitan. Kabel datar yang dipasang pada PCB kecil berfungsi sebagai perpanjangan kartu memori micro-SD. Heatsink untuk semua chip elektronik Pi serta kipas 5V disediakan. Daya disediakan oleh catu daya universal 30W (15V,2A) yang disertakan bersama dengan manual perakitan.

Di dalam kasing ada dua papan yang dipasang dengan aman ke kasing plastik abu-abu. PCB utama yang berisi driver LCD, hub USB, dan distribusi daya terletak di sisi kiri sedangkan di sisi kanan, terdapat papan kontrol yang berisi tombol tekan, LED level baterai, dan soket micro-SD. Komponen yang tersisa adalah speaker, baterai Li-Ion, dan PCB kecil yang berfungsi sebagai akselerometer. Yang terakhir terhubung ke header PI utama dan memungkinkan rotasi otomatis tampilan. Paket baterai 36Wh akan menyediakan hingga lima jam penggunaan untuk RasPad.

Papan Raspberry Pi 4 dipasang pada kasing dengan empat sekrup. Sebagian besar port PI digunakan di RasPad dengan koneksi antar papan dilakukan menggunakan kabel yang sejajar sempurna dengan konektor. Ini berarti ada sedikit kemungkinan kabel akan lepas dan terlepas saat memindahkan tablet.

3. Digunakan

Seperti halnya dengan banyak sistem Raspberry Pi, kartu microSD harus dilengkapi dengan OS yang tepat sebelum komputer dapat di-boot. Sunfounder menawarkan ini sebagai gambar yang dapat diunduh dari situs web mereka. Perangkat lunak berbasis Linux dilengkapi dengan aplikasi bawaan termasuk Scratch 3, Ezblock Studio, dan Minecraft. Driver untuk akselerometer juga disertakan dan akan mengalihkan layar dari lanskap ke potret tergantung pada orientasi tablet. OS kustom juga mendukung layar sentuh secara native memungkinkan navigasi yang mulus melalui aplikasi yang diinstal.

Perilaku RasPad saat menekan tombol daya berbeda dari tablet lain. Saat aktif, tablet normal akan tidur pada acara tombol daya untuk menghemat masa pakai baterai tetapi firmware RasPad saat ini tampaknya tidak mendukung ini. Hanya tampilan yang mati sehingga Pi masih beroperasi dan menarik jumlah arus yang tidak dapat diabaikan. LED yang menunjukkan tingkat baterai juga terus menyala. Sistem benar-benar mati dengan menekan lama tombol daya.

RasPad3 tidak dirancang untuk meminimalkan konsumsi daya atau menerapkan skema hemat daya. Ini akan menjadi area untuk ditingkatkan untuk versi RasPad di masa mendatang. Aspek lain dari tablet yang bisa dibuat lebih baik adalah sistem pendinginnya. Kipas yang dibundel agak keras dan disipasi termal yang lebih baik menggunakan heatsink yang lebih besar bisa menghindarinya sepenuhnya.

Layar IPS 10,1” cerah dan cukup nyaman untuk mata digunakan sehari-hari. Suara yang berasal dari speaker internal bukan untuk mendengarkan dengan ketelitian tinggi. Sangat cocok saat menonton film atau untuk bermain game. Secara keseluruhan, unit ini terasa kokoh dan berkat tepinya yang besar, dapat ditempatkan dalam posisi berdiri tanpa terjatuh.

Karena RasPad adalah cangkang untuk Pi, tujuan utamanya adalah memungkinkan Pi menjadi portabel.

Fakta bahwa sebagian besar IO dan antarmuka tujuan umum yang awalnya ditemukan di Raspberry Pi juga ditemukan di panel samping meningkatkan fungsionalitas tablet. RasPad dapat digunakan sebagai pengontrol untuk banyak produk. Misalnya, sangat cocok untuk bekerja sebagai pengontrol printer 3D .

4. Sebuah kompetisi

Tablet berbasis Raspberry Pi bukanlah ide baru. Yang pertama muncul berupa LCD dengan casing yang menampung Pi. Tampar baterai Li-Ion dan dapatkan tablet yang belum sempurna dengan harga terjangkau. Kit ada di Amazon yang memungkinkan pembuatan layar 10,1 inci seharga $ 169,99. Namun pada harga ini, baterai dan sound system tidak ada sementara jumlah port juga lebih sedikit dibandingkan RasPad.

Seperti RasPad3, CutiePi adalah tablet lain yang dimulai dengan kampanye di Kickstarter. Perangkat ini didasarkan pada Pi Compute Module 4 dengan LCD delapan inci yang lebih kecil dan baterai 5AH tetapi dengan harga $ 229 lebih mahal daripada RasPad.

Produk lain yang sangat mirip dengan RasPad adalah reTerminal yang tersedia dari Seeed Studio. Berdasarkan Compute Module 4 seperti CutiePi, reTerminal menampilkan layar lima inci yang lebih kecil dan tidak ada baterai bawaan. Harganya juga sama dengan RasPad seharga $ 195 tetapi termasuk modul CM4 4GB / 32GB untuk harga itu.

5. Putusan akhir

RasPad 3 memiliki semua bahan untuk menjadi produk yang hebat. Layar besar bersama dengan banyak antarmuka yang berasal dari Pi akan menjadikannya pendamping peretasan/DIY yang hebat. Titik lemahnya adalah kipas yang berisik dan manajemen daya yang dapat melakukan pekerjaan lebih baik dengan fungsi hemat daya.