“Alhamdulillah, hari ini (Minggu 26 Desember 2021), kami bersama petani Ujungloe melaksanakan kerja bersama dan pekerjaan sudah mencapai 98 persen,” kata Rudy yang mengaku bekerja bersama petani mulai pagi hingga malam selama 5 hari berturut-turut.

Lebih lanjut Rudy menyampaikan akan menyelesaikan pekerjaan tersebut, Senin (27/12/2021) yang saat ini menunjukkan hasil karena debet air dari sungai yang mengarah ke bendungan Balantikeke sudah mengalir dengan deras.

Bupati Andi Utta Turun Meninjau Pekerjaan Perbaikan Saluran Air

Bupati Muchtar Ali Yusuf menyempatkan diri turun ke lokasi melakukan peninjauan pelaksanaan pekerjaan yang dilakukan oleh Dinas PUPR bersama masyarakat petani Ujungloe, Minggu (26/12/2021).

Saat meninjau, Andi Utta sapaan akrabnya mengatakan salah satu penyebab terjadinya pendangkalan dan rusaknya aliran sungai disebabkan karena adanya penambangan galian C atau mineral bukan logam yang dilakukan secara illegal. Olehnya itu pihaknya, mewanti-wanti agar tidak ada lagi yang melakukan penambangan illegal di lokasi tersebut.

“Jika masih ditemukan ada penambang illegal, maka kita akan laporkan untuk diproses hukum,” tegas Andi Utta.

Salah satu warga Ujungloe, Iqbal Hasyim menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bulukumba yang memberikan perhatian dan bergerak cepat membantu petani untuk mendapatkan air selama musim tanam dengan melakukan normalisasi di hulu bendungan Balangtikeke.

Baca Juga: Pemprov Salurkan Bantuan Hibah 3 Masjid di Bulukumba

“Atas nama keluarga besar petani di Kecamatan Ujungloe, tentu kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Bulukumba dalam hal ini Bupati Bulukumba yang telah mengarahkan bantuan alat berat ke lokasi,” kata Iqbal yang juga merupakan Ketua BPD Desa Manjalling.