Opini, Rakyat News – Salah satu tujuan nasional yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 yakni mencerdaskan kehidupan bangsa, dari sini dapat dilihat bahwa pendidikan sangat perlu untuk dijadikan prioritas dalam mencetak generasi bangsa demi masa depan negara. Setiap tahun, tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dalam catatan sejarah momentum 2 mei ini, tidaklah terlepas dari sang penggagas ulung sekaligus tokoh yang dinilai teladan yang memiliki rasa cinta akan edukasi untuk sebuah bangsa Beliau adalah Ki Hadjar Dewantara yang bernama asli Raden Mas Soewardi Soerjaningrat.

Terlepas dari perhelatan sejarah itu kita melihat generasi Indonesia saat ini sungguh mengenaskan meskipun setiap tahun di peringati dengan momentum 2 mei hanya dijadikan sebagai ritual tahunan seperti upacara di tiap tiap sekolah dan lembaga pendidikan lainnya. Ternyata kualitas generasi bangsa ini justru terpuruk.kita melihat realita ya terjadi sekarang maraknya tawuran antara pelajar dan demonstrasi mahasiswa mahasiswa yang di dominasi oleh tindak kekerasan, kecurangan saat UN dan rendahnya akhlak generasi yang ditujukan dengan maraknya sex bebas tidak bisa di pungkiri.

Momentum 2 Mei Banyak yang tidak memberikan gambaran-gambaran khusus terkait esensi dari Hardiknas itu sendiri. Pendidikan telah tertuang dalam UUD 1945 tentu orientasinya mengarah pada kecerdasan dan semangat generasi dalam mengukir sebuah proses peradaban baru lewat potensi dan kreatifitas yang dimiliki tiap orang.

Banyak hal-hal yang harus di perhatikan hari ini dinilai tidak efektif seakan akan telah mengikis identitas mereka selaku kaum intelektual dalam proses menerapkan sistem cinta akan pendidikan.
Tentu hal ini masih menjadi sebuah PR bagi pemerintah untuk memberikan pemahaman secara intensif kepada setiap generasi bangsa. Tugas pemerintah harus memberikan pelajaran, pemahaman tentang pendidikan itu sendiri tentu harus di mulai diterapkan pada anak-anak yang masih di bangku sekolah dasar (SD), sehingga mereka mampu memahami apa yang menjadi makna dan tujuan dari momen 2 mei itu sendiri.