Bukan saja pemerintah, namun tugas kita semua juga sehingga bisa sama-sama membuat pendidikan yang berkarakter dan berintegritas agar bisa membakar semangat kemerdekaan
pendidikan itu sendiri.

Maka dari itu sudah saatnya kita mendorong pendidikan di negeri ini menjadi pendidikan yang berkarakter dan berintegritas sehingga mampu menjawab semua tantangan yang menggerogoti sektor lini dan kehidupan dalam bermasyarakat dan bernegara. Generasi negeri ini perlu di berikan pemahaman tentang pendidikan berkarakter yang berintegritas agar sebagai ujung tombak bagi kemajuan suatu bangsa

Kaum pelajar hari ini tentunya memiliki tanggung jawab atas nasib bangsa ini, tak mungkin kita diam berpangku tangan atau melarikan diri dari kenyataan hidup yang keras, maka dari itu kaum pelajar hari ini adalah harapan bangsa dan negara.

Dalam agenda membangun pendidikan yang berkarakter dan berintegritas diperlukan aturan main yang jelas dan teladan yang konsekuen. Untuk membangun disiplin kaum pelajar dibutuhkan ketegasan pemerintah dalam hal ini menteri pendidikan dan semua komponen pemerhati pendidikan. Kualitas pendidikan merujuk pada kapasitas seseorang sehingga membangun kesadaran kolektif yang dimulai dari suatu komunitas kecil untuk mewujudkan cita-cita yang telah tertuang dalam konstitusi UUD 1945 itu. dengan kemampuan menggerakkan seluruh potensi dan energi yang dimiliki oleh komunitas itu agar dapat secara konsisten mendukung pencapaian tujuan dari pendidikan itu sendiri.

Harapannya semoga melalui momentum 2 mei 2017 ini, generasi Indonesia dapat memaknai esensi dari Hardiknas itu sendiri, sehingga pendidikan berkarakter yang berintegritas mampu menggelorakan semangat juang kaum intelektual demi mewujudkan harapan utama negeri ini yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.

M.Sutanto Idris
Kader Himpunan mahasiswa Islam