SELAYAR – Dalam rangka pencarian 4 awak kapal KLM Darmawan Jaya yang tenggelam, Basarnas mengerahkan personel Pos Sar Selayar.

Kapal KLM Darmawan Jaya dilaporkan tenggelam pada Senin (24/1/2022) malam di perairan Kayuadi, Kepulauan Selayar Sulsel. Hal ini disampaikan oleh Ardian Arlan yang merupakan masinis kapal saat dievakuasi oleh kapal perintis yang melintas di perairan Kayuadi pada Selasa (25/01/2022) pagi.

Baca Juga : Pencarian 2 Remaja Tenggelam Lanjut Esok Hari, Basarnas Turunkan Tim Penyelam

Dari keterangannya, KLM Darmawan Jaya yang rencana berlayar menuju NTT dengan POB (personnel on board) sebanyak 5 orang dan membawa muatan beras dihantam gelombang tinggi saat berada di perairan Kayuadi dan akhirnya tenggelam. Ardian terombang ambing sebelum ditemukan kapal perintis yang berlayar menuju Bonerate Selayar.

Cari 4 Awak Kapal, Basarnas Kerahkan Personel Pos Sar Selayar
Foto: Dokumen Istimewa.

Kejadian ini dilaporkan ke Basarnas dan langsung mengerahkan personel di Pos Sar Selayar untuk melakukan pencarian terhadap 4 orang lainnya yang belum diketahui kabarnya.

“Siang tadi kami menerima informasi ditemukannya awak kapal KLM Darmawan Jaya yang manyampaikan kapalnya tenggelam dan 4 orang rekannya belum diketahui kabarnya”, ungkap Kepala Basarnas Sulsel, Djunaidi.

Lebih jauh, Djunaidi menyampaikan bahwa Basarnas langsung merespons laporan itu dengan mengerahkan personelnya yang berada di Pos Sar Selayar.

“Sekitar pukul 13.10 Wita, personel Basarnas yang ada di Selayar bergerak ke lokasi KLM Darmawan Jaya dilaporkan tenggelam menggunakan RIB (Rigid Inflatable Boat) yang ada di pelabuhan Benteng, Selayar”, jelasnya.

Diterangkan bahwa RIB tiba di lokasi sore hari dan langsung melakukan pencarian dengan menyisir sekitar perairan Kayuadi. Namun hingga malam hari, belum ditemukan tanda keberadaan 4 awak kapal tersebut.