LUWU UTARA — Menjadi seorang camat, modal utama yang harus dimiliki ialah bagaimana agar bisa berkomunikasi baik dengan masyarakat. Karena camat itu adalah jabatan di kecamatan yang bertanggung jawab langsung ke Bupati, dan itu butuh kemampuan komunikasi yang efektif dan produktif.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat menghadiri serah terima jabatan Camat Rongkong, dari yang sebelumnya dijabat oleh Pelaksana tugas (Plt), Enyon, ke pejabat definitif yang baru, Sofyan Tandi Siolanan.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara bersama Kepala BPN Teken MoU Program Tanah

Pada kesempatan tersebut, Bupati Indah mengucapkan terima kasih kepada pejabat Camat Rongkong lama, Enyon, yang telah menjalankan tugas sebagai Plt meski cuma 14 hari.

“Jabatan itu bukan sekedar lama atau cepat, tetapi bagaimana amanah itu dijalankan dengan sebaik-baiknya. Namun berdasarkan laporan yang disampaikan sebelumnya, apa yang telah dilakukan oleh Pak Enyon dalam rentang waktu tersebut bisa dikatakan cukup signifikan. Pemilihan Pak Enyon pun sebagai Plt Camat dilakukan dengan pertimbangan yang mendalam, dan ternyata itu tidak keliru,” bebernya.

Hadiri Sertijab Camat Rongkong, Ini Pesan Bupati Indah
Foto: Dokumen Istimewa.

Bupati perempuan pertama di Sulsel ini juga mengucapkan selamat kepada Pak Sofyan, sebagai pejabat definif camat Rongkong yang baru. Penunjukan Pak Sofyan juga melalui pertimbangan yang banyak.

“Camat itu harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Apalagi salah satu tugas dan fungsi utama dari seorang camat ialah fungsi fasilitasi. Nah tentunya dalam memberikan fasilitasi dibutuhkan koordinasi yang efektif dan produktif, baik itu secara horizontal maupun vertikal. Jadi ini memang tidak mudah, sebagai pejabat publik harus bisa berkoordinasi dengan baik. Olehnya, saya berharap skill komunikasi yang sudah baik tadi bisa dilengkapi dengan empati, dan sensitivitas, artinya kepedulian saja belum cukup tapi juga harus mampu melakukan tindak lanjut,” jelas Indah.