“Kalau misalnya tidak layak menerima bantuan, langsung dikeluarkan,” terangnya.

Besse menyebut ada 15.004 jumlah keseluruhan penerima PKH di Bulukumba per Desember 2021. Untuk tahun ini katanya, kemungkinan penyalurannya nanti di bulan Maret karena sementara proses masuk ke rekening KPM masing-masing.

“Kalau untuk penyaluran, kan KPM PKH punya rekening masing-masing yang didistribusikan lewat Bank Mandiri. Jadi mereka bisa mengambil bantuannya di mana saja. Bisa diambil di agen atau di ATM terdekat di sekelilingnya,” jelasnya.

Sementara, staf bidang Linjamsos Dinas Sosial Bulukumba, Nova Anrina menerangkan, saat ini sementara menunggu hasil verifikasi dari desa/kelurahan yang melakukan identifikasi secara langsung di warganya.

“Kita upayakan Februari ini sudah ada usulan yang masuk karena pengusulan ke Kementerian Sosial itu sebelum tanggal 30 setiap bulannya,” tuturnya.

Menurut Nova, setelah pemerintah desa identifikasi ke lapangan terkait verifikasi data yang ada saat ini, maka akan dibuatkan musyawarah desa/kelurahan usulannya dengan melibatkan seluruh unsur desa/kelurahan terkait.

“Data yang akan diusulkan itu, setelah desa kirim ke Dinsos. Selanjutnya Dinsos buat usulan pengesahan yang ditandatangani Bupati. Setelah itu dikirim ke Kementerian Sosial melalui aplikasi SIKS-NG,” tutupnya.