MAKASSAR – HMPS Pendsos FIS-H UNM (Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial-Hukum Universitas Negeri Makassar) sukses menggelar Pelatihan Jurnalistik dan Desain Grafis.

Kegiatan tersebut diselenggarakan selama dua hari pada Kamis-Jumat, 10-11 Februari 2021 di Gedung Flamboyan UNM. Jumlah keseluruhan peserta yang mengikuti 55 orang dari Angkatan 2019-2021.

Baca Juga : Pengenalan Jurnalistik di Talkshow LPM Jelata

Ketua Umum HMPS Pendsos FIS-H UNM, Muhammad Fajar mengatakan, Pelatihan Jurnalistik dan Desain Grafis ini untuk mengenal dan mengetahui seputar tentang jurnalistik baik itu media massa maupun media online, trik dan tips mewawancarai dan menulis berita, serta meningkatkan skill yang dimiliki mahasiswa dalam bidang desain grafis.

“Pelatihan Jurnalistik HMPS Pendidikan Sosiologi FIS-H UNM kemudian akan menghasilkan karya-karya dari peserta baik itu dalam penulisan naskah berita dan juga karya desain grafis,” ujarnya kepada rakyatdotnews, Sabtu (12/02/2022).

Fajar berharap dengan pelatihan tersebut dapat menambah wawasan bagi para peserta sekaligus menghasilkan karya termasuk desain grafis.

“Harapannya semoga dengan kegiatan Pelatihan Jurnalistik dan Desain Grafis ini dapat menambah wawasan dan Ilmu baru terkhususnya Mahasiswa Pendidikan Sosiologi yang kemudian mereka bisa manfaatkan untuk berkarya dan membuahkan hasil baik itu dalam bidang jurnalistik maupun desain grafis,” harap Fajar.

Sementara itu, Ketua Bidang 5 Media dan Informasi HMPS Pendsos FIS-H UNM Periode 2021-2022, Yunisha menceritakan jalannya pelatihan tersebut selama dua hari yang diisi tiga pemateri.

Hari pertama para peserta menerima materi “Dasar-Dasar Jurnalistik” yang dibawakan langsung oleh Jurnalis Rakyat News, Saddam Alif.

HMPS Pendsos FIS-H UNM Sukses Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Desain Grafis
Jurnalis Rakyat News, Saddam Alif saat membawakan materi “Dasar-Dasar Jurnalistik”, Kamis (10/02).

Kemudian memasuki hari kedua, peserta mendapatkan dua materi, yakni “Teknik Reportase dan Menulis Berita” dibawakan oleh Campaigner Walhi Sulsel, Muhammad Riszky. Pada Materi tersebut para peserta dilatih bagaimana cara mewawancarai, dan menulis rilis berita dengan baik.