MAKASSAR – Seorang wanita di New York yang berusia 63 tahun dinyatakan sembuh secara fungsional dari HIV, dan menjadi wanita pertama yang sembuh dari penyakit tersebut.

Baca Juga : Hadiri Peletakan Batu Pertama Mesjid Hj. Nursyamsiah Sarro, Ini Pesan Bupati Iksan Iskandar

Diketahui sebelumnya sebanyak dua orang penderita HIV telah sembuh, dan Ia termasuk pasien ketiga sekaligus wanita pertama yang telah sembuh dari penyakit tersebut.

Dilansir dari laman BBC, Kamis (17/2/2022) pasien ini selain mengidap HIV, Ia juga dirawat di rumah sakit karena penyakit leukimia, akan tetapi setelah melaksanakan transplantasi sel induk dari seseorang yang kebal dari virus penyebab AIDS/HIV ia dinyatakan sembuh.

Untuk melakukan metode transplantasi yang melibatkan umbilical cord blood atau darah tali pusat ini, dokter memerlukan pendonor yang memiliki mutasi langka yang kebal terhadap virus.

Metode ini juga tidak akan diberikan kepada pengidap HIV yang sehat dan dapat mengelola penyakit tersebut denga metode normal, dikarenakan tingkat risiko yang tinggi hingga dapat menyebabkan kematian.

Presien terpilih dari International AIDS Society, membeberkan bahwa ini merupakan laporan ketiga pasien yang dinyatakan sembuh dari HIV,dan merupakan wanita pertama yang berhasil pulih dari penyakit tersebut.

“Sekarang ini adalah laporan ketiga dari penyembuhan di rangkaian ini, dan yang pertama pada perempuan yang hidup dengan HIV,” bebernya.

Baca Juga : Dikukuhkan Jadi Guru Besar, Jafar Paparkan Asal Mula Penelitiannya