MAKASSAR – Founder UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) StartUp Hasanuddin sekaligus Co-Founder Vestanesia, Muh. Ilmi Ikhsan Sabur, menyampaikan beberapa strategi manajemen dalam materi ‘Management Organization Through Digital Innovation‘ di PURK (Pelantikan, Upgrading, dan Rapat Kerja) Pengurus periode 2022. Berlangsung di Aula Lantai 3 Gedung Pascasarjana Universitas Hasanuddin, Tamalanrea, Makassar, Jumat (25/2/2022).

Baca Juga : UKM StartUp Hasanuddin Gelar PURK Pengurus 2022

Dalam penyampaiannya, Ilmi terlebih dahulu merekomendasikan sebuah aplikasi manajemen termudah untuk digunakan.

“Sebelumnya, saya ingin memberikan contoh sebuah aplikasi yang sangat bermanfaat dan mudah digunakan dalam membantu teman-teman mengatur poin-poin kegiatan yang harus diselesaikan. Aplikasi ini bernama Trello,” katanya.

Baca Juga : Temu Pengurus Perdana UKM StartUp Hasanuddin Tetapkan 2 Agenda

Ilmi melanjutkan, ada banyak kemudahan yang dapat diperoleh individu maupun organisasi ketika menggunakan Trello dalam memplanningkan berbagai kegiatannya.

“Trello memiliki berbagai fitur yang dapat memudahkan teman-teman untuk membuat planning kegiatan maupun pekerjaan. Ini merupakan aplikasi manajemen rencana termudah yang direkomendasikan bagi individu maupun organisasi,” lanjutnya.

Ia mengungkapkan, setiap hal yang dilakukan harus memiliki planning (perencanaan) mapan untuk menciptakan hasil memuaskan.

“Ini karena, setiap hal yang kita lakukan, jika menginginkan hasil memuaskan tentu harus melalui planning (perencanaan) yang mapan,” ungkapnya.

Baca Juga : Resmi Dikukuhkan, UKM StartUp Hasanuddin Jadi Pilihan Baru di Unhas

Selain itu, ia menuturkan, keberhasilan memimpin sebuah organisasi bukan hanya sebatas pada pemahaman manajemen, tapi juga terhadap kemampuan berbaur dan memahami orang lain.

“Keberhasilan memimpin sebuah organisasi juga berpatok pada kemampuan berbaur atau meleburkan diri dalam organisasi tersebut, mampu memahami orang lain dalam artian paham tentang psikologinya (relating to others),” tuturnya.