LIFESTYLE – Proses Putihkan kulit bisa dilakukan dengan berbagai produk yang sudah ada. Namun, pemilihan produk harus diperhatikan karena beberapa di antaranya mengandung bahan yang tidak baik untuk kulit.

Baca Juga: 4 Fakta Nutrisi Perkuat dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Akibatnya, banyak orang yang beralih ke produk atau bahan alami untuk membantu memutihkan kulit mereka. Selain relatif aman, Anda juga tidak perlu khawatir dengan efek samping penggunaan produk pemutih alami.

8 cara putihkan kulit dengan aman menggunakan bahan alami, yaitu:

1. Susu

Susu merupakan salah satu bahan alami yang mudah didapat dan terjangkau. Tidak hanya memberikan kalsium ke tulang, tetapi juga dapat membantu mencapai kulit yang sehat dan putih alami.

Baca Juga: 10 Manfaat Kebugaran Jasmani

Susu diketahui dapat merangsang melanosit, sel yang memproduksi melanin dan mencegah kulit menjadi kering. Cara memutihkan badan dengan susu adalah dengan menggunakannya sebagai pembersih yang dicampur dengan tepung beras.

2. Lemon

Manfaat lemon dalam kehidupan sehari-hari memang tidak ada habisnya. Pada kulit, lemon bertindak sebagai pembersih karena dapat membantu menghilangkan bintik-bintik gelap dan bahkan mengelupas dari kulit.

Lemon adalah cara lain untuk memutihkan tubuh yang aman untuk kulit. Cara pemakaiannya cukup dengan mengoleskan lemon pada kulit atau mencampurnya dengan madu untuk mendapatkan hasil yang lebih.

3. Yoghurt

Yoghurt diketahui mengandung asam laktat yang sangat membantu mencerahkan kulit. Selain itu, yoghurt juga dapat membantu mengatur produksi melanin sehingga pemutihan kulit berjalan lancar.

Baca Juga: 6 Tips Cegah Banjir Hadapi Musim Hujan

Tuang masker yogurt bening dan sederhana, lalu bilas dengan air hangat setelah 20 hingga 30 menit. Yogurt juga dapat dicampur dengan madu dan gandum untuk membuat masker wajah alami dan sehat.

4. Tepung beras

Butir beras yang digiling diketahui dapat membantu memutihkan kulit. Anda dapat menemukan tepung beras ini di pasar atau menggilingnya di rumah. Campur tepung dan susu untuk mendapatkan tekstur seperti pasta.