LUWU UTARAPemerintah Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, resmi memanfaatkan Amenitas Desa Wisata Rinding Allo Kecamatan Rongkong resmi, Minggu (27/2/2022).

Kepala Dinas Pemberdayaan dan Desa (PMD) Luwu Utara, Misbah mengatakan, bahwa pembangunan amenitas tersebut berkat aspirasi dari Anggota Komisi V DPR-RI, Muhammad Fauzi.

Baca Juga: Bupati Indah Apresiasi Amunisi Luwu Utara Gelar Warkshop Audio Soundsistem

“Melalui Kemendes PDTT RI, amenitas dibangun dengan anggaran Rp. 500 juta. Hal ini tentu tidak terlepas dari inisiatif dan upaya Anggota DPR RI, Bapak Muhammad Fauzi yang memperjuangkan aspirasi kita di pusat,” kata Misbah.

Misbah juga menyebut, jika destinasi wisata yang diberi nama Padang Indah tersebut akan dikelola oleh BUMDes Rinding Allo.

“Hal ini dalam rangka memperkuat arah kebijakan strategi jaring ekonomi wiradesa, lumbung ekonomi rakyat, dan sarana prasarana pengembangan objek wisata. Adapun amenitas yang dibangun adalah toilet, empat unit gazebo, toko/ kedai cindera mata, dan juga kegiatan perkebunan yang sifatnya padat karya dan swadaya masyarakat,” jelas Misbah.

Sementara itu, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani mengundang para investor untuk membangun amenitas di lokasi tersebut.

“Lokasinya merupakan hibah dari Pak Desa Rinding Allo. Untuk itu saya mengajak kita semua, khususnya pimpinan perangkat daerah untuk mengambil bagian dalam pembangunan amenitas, misalnya tempat penginapan. Yang didesain adalah bagaimana pengunjung bisa berbaur dengan warga, jadi nilai-nilai kearifan lokal yang ditawarkan oleh Desa Rinding Allo dikenang dan dibawa pulang. Bisa juga berkolaborasi dengan Bobobox Indonesia,” tutur bupati yang hadir mendampingi Anggota Komisi V DPR RI untuk meresmikan pemanfaatan amenitas di destinasi wisata Padang Indah tersebut.

Ia menyebut Luwu Utara memiliki cukup banyak potensi yang harus terus didorong, termasuk potensi wisata.