MAKASSAR – Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Lembaga Pendidikan Indonesia (STIM LPI) Makassar menggelar Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Wisuda Sarjana dan Magister XVII Tahun Akademik 2021-2022. Sebanyak 225 lulusan yang masing-masing terbagi 203 Wisudawan Strata Satu Manajemen dan 22 Wisudawan Magister Manajemen siap berkompetisi di dunia kerja.

Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Wisuda Sarjana dan Magister XVII Tahun 2022 dibuka secara resmi oleh Ketua Senat, Prof. Dr. H Muhammad Nasir, SE., M.Si didampingi Wakil Ketua I Prof. Dr. Muhammad Yunus, M.Pd, Wakil Ketua II Dr. Muh. Rum, SE., M.Si, Wakil Ketua III Azhary Ismail, SE., M.Si, dan Direktur Pascasarjana STIM LPI Makassar, Prof. Dr. Muhibuddin, M.P, di Room Anging Mamiri 1, Hotel Dalton, Makassar, Senin (28/02/2022).

Baca Juga : Pelantikan Ketua STIM-LPI Makassar Periode 2021-2022

Dalam laporannya, Ketua STIM LPI Makassar, Prof Dr. Abd Rahman, SH, MH mengucapkan selamat kepada 225 wisudawan tahun akademik 2021-2022. Menurutnya, para wisudawan ini dinyatakan lulus dan telah siap berkompetisi khususnya mengimplementasikan ilmunya di dunia kerja.

“Selamat kepada para wisudawan atas keberhasilannya menyelesaikan studi di STIM LPI Makassar, kepada orang tua wisudawan, saya juga ucapkan terima kasih atas kepercayaannya kepada kami untuk mendidik anak-anak para orang tua wisudawan,” ucapnya saat membacakan laporan.

Prof Abd Rahman berharap kepada para wisudawan nantinya dapat menunjukkan kompetensinya bagi masyarakat dan kerja nyata sesuai keterampilan yang dimiliki.

“Kepada lulusan, kami harap pengalaman anda selama belajar, nama baru anda ini benar-benar menunjukkan kompetensi di masyarakat. Jangan lupa, masyarakat menunggu kerja nyata dari saudara. Kami harap dengan gelar sarjana dan magister manajemen ini dapat mengantar para lulusan menuju keberhasilan selanjutnya,” harapnya.

Mewakili Ketua Yayasan LPI, Sekretaris BPH, Dr. H. Andi Syahrum Makkuradde SS, SE, M.Si menyampaikan rasa bangganya kepada para wisudawan dan berharap nantinya dapat menjadi jembatan bagi alumni yang telah mendapatkan pekerjaan dan yang belum bekerja.

STIM LPI Makassar Gelar Wisuda XXVI, 225 Lulusan Siap Berkompetisi
Foto: Dokumen Istimewa.

“Kami bangga dengan para lulusan. Sebagai alumni, bagaimana nantinya bisa menjadi jembatan antara alumni yang sudah bekerja dan belum bekerja. Kami ucapkan selamat, terima kasih juga kepada orang tua wisudawan. Ini adalah sejarah baru bagi STIM LPI Makassar karena selama bertahun-tahun, baru kali ini ijazah wisudawan tahun ini ditandatangani oleh dua profesor,” ujar Andi Syahrum.

STIM LPI Makassar juga menjalin kemitraan dengan melakukan penandatanganan MoU dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Selatan, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), dan Desa Angkue Kec. Kajuara Kabupaten Bone.

Sementara itu, Kepala LLDikti IX Wilayah Sultanbatara, Drs. Andi Lukman, M.Si dalam sambutannya menyampaikan, kampus STIM LPI Makassar mengalami kemajuan yang luar biasa. Menurutnya, meski sempat tertunda dikarenakan pandemi, dalam waktu yang singkat STIM LPI Makassar tetap dapat menggelar wisuda.

“Kampus ini sangat dekat dengan LLDikti secara emosional, tidak dapat dipisahkan. Kepada para wisudawan, jangan meragukan legalitas STIM LPI karena kalian punya nomor ijazah secara nasional, karena STIM LPI sudah lebih maju dan luar biasa,” ungkapnya dihadapan para wisudawan.

Terkait MoU dengan beberapa mitra, Andi Lukman berharap, ada tindak lanjut implementasi dari penandatanganan tersebut. Sebab, menurutnya, STIM LPI Makassar kedepannya akan lebih baik dan mampu bersaing dengan perguruan tinggi lainnya.

STIM LPI Makassar Gelar Wisuda XXVI, 225 Lulusan Siap Berkompetisi
Penandatanganan MoU bersama Desa Angkue Kec. Kajuara Kabupaten Bone.

“APINDO misalnya, membutuhkan tenaga kerja, mari sama-sama menyusun kurikulumnya sesuai kebutuhan dunia kerja. Jadi ada implementasi, bukan sekedar MoU saja. Jadi kami berharap untuk STIM LPI Makassar, selain mempunyai lulusan yang berilmu, terpelajar, juga mempunyai keterampilan. Saya juga yakin kedepannya STIM LPI akan menjadi lebih baik,” harap Andi Lukman.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, H Muhidin SE, MM yang juga hadir mewakili Wali Kota Makassar, mengatakan, kehadiran teknologi dan manajemen baik teoritik maupun praktik sangat dibutuhkan terkhusus menghadapi pandemi selama ini.

“Semuanya itu dilakukan dengan pendekatan manajemen yang baik, karena itu kebijakan manajemen daerah maupun nasional harus menyentuh masyarakat dan tentunya kita berharap kepada kampus STIM LPI Makassar untuk dapat menghasilkan lulusan yang mampu membawa konstruksi kampus merdeka dan merdeka belajar kedepannya,” ucap H Muhidin.

Ia juga menyampaikan harapan Wali Kota Makassar, Danny Pomanto agar wisuda yang terselenggara ditengah pandemi ini dapat menjadi momentum memajukan pendidikan di kota daeng.

“STIM LPI Makassar tidak hanya menghasilkan sarjana. Namun, juga pemikir yang mampu memecahkan masalah dan mampu menyusun kurikulum yang adaptif. Oleh karena itu, wisuda ini sebagai momentum untuk memajukan pendidikan di kota Makassar. Selamat dan sukses kepada wisudawan sarjana dan magister ke 26 tahun 2022, sekali lagi selamat,” tutupnya.

Dalam Wisuda Sarjana dan Magister XVII Tahun Akademik 2021-2022 ini, Wisudawan Terbaik diraih oleh Andi Asfirayani Tenri Lawa, SM, Sarjana Ilmu Manajemen dengan IPK 3,88 dan Lisnawati Patiung, S.T,.MM, Magister Manajemen dengan IPK 3,87.

Acara Wisuda ditutup dengan Paduan Suara STIM LPI Makassar yang dipandu oleh Dirijen Amelia dan penampilan Tari Etnis dari UKM Seni Romansa STIM LPI Makassar.

Baca Juga : Pelantikan Pengurus BEM STIM LPI Periode 2021-2022

Pilihan Video